Informasi

Momen Reuni, Menpar Ajak Alumni ITB Memajukan Wisata Indonesia




Bukber Alumni ITB dengan Menteri Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri acara buka puasa bersama bersama Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (28/5/2018). Arief Yahya sendiri merupakan alumni ITB Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan bertema "Sinergi Alumni Untuk Negeri" ini digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Menpar mengajak para alumni untuk memajukan pariwisata Indonesia.

Kegiatan ini pun dihadiri berbagai tokoh di antaranya Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifuddin, Anggota Komisi X DPR RI I Wayan Koster, Anggota DPR RI Komisi XI M. Romahurmuziy, Sekjend Kementerian ATR/BPN Himawan Arief, Ketua Majelis Wali Amanat ITB Betti Alisjahbana, dan juga Ketua IA ITB Ridwan Djamaluddin beserta sekitar 500 alumni ITB dari berbagai angkatan.

"Ini merupakan momentum kita untuk merapatkan barisan. Dimana kita sebagai civitas akademika harus berbuat nyata demi pembangunan bangsa. Salah satunya membangun pariwisata Indonesia yang saat ini telah ditetapkan menjadi core ekonomi bangsa," ujar Arief Yahya.

Pencapaian pariwisata Indonesia
Menpar mengatakan, banyak pencapaian yang telah diraih pariwisata Indonesia. Pada tahun 2018, pariwisata Indonesia masuk Top-20 Growing Tourism Industry in The World. Selain itu pertumbuhan Pariwisata Indonesia tahun 2017 sebesar 22%.

Pertumbuhan itu bahkan jauh diatas pertumbuhan pariwisata regional ASEAN, sebesar 7 persen. Juga pariwisata dunia sebesar 6,4 persen. Ini berarti pertumbuhannya 3 kali lipat dibanding pertumbuhan pariwisata regional dan global.

“Tentunya ini menguatkan keyakinan kita untuk meraih target pada 2018 sebesar 17 juta wisman. Torehan ini tentunya bukan sekedar jatuh dari langit. Tetapi merupakan kerja keras seluruh element bangsa," kata Arief Yahya.

Menteri asal Banyuwangi tersebut mengatakan, sekarang adalah saat yang tepat untuk alumni ITB bersinergi membangun Indonesia. Karena dengan dengan bersama, semua dapat menjadi mudah.

Apa lagi pembangunan pariwisata Indonesia. Saat ini, berbagai element bangsa bersama memajukan pariwisata Indonesia. Termasuk juga dari alumni ITB. Ini sudah dibuktikan dengan banyaknya tenaga ahli Menteri yang berasal dari ITB. Seperti halnya alumni ITB angkatan 81 yang membesarkan Geopark di Indonesia.

"Sebagaimana dalam melaksanakan sholat, melaksanakan tanggung jawab sosial secara berjamaah jauh lebih efektif, dan akan jauh lebih berdampak. Mari kita mulai dari sekarang. Ramadan ini adalah momentumnya. Kita bersama buktikan bahwa selain handal secara individual, Alumni ITB juga merupakan team players yang istiqomah dalam mencapai tujuan bersama. Salam Pesona Indonesia," pungkas Menpar Arief Yahya.