Peraturan, Mekanisme, dan Jadwal PPDB Kota Bandung 2018





Informasi PPDB Kota Bandung 2018

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2018 menerapkan agar sekolah untuk menerima siswa 90 persen berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat dengan sekolah. Kebijakan ini menjadi perbedaan dengan PPDB pada tahun 2017. Aturan ini baru diterapkan pada tahun 2018 sebagai implementasi dari Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB. Sebelumnya, penilaiannya digabung dengan nilai akademik.

PPDB sebellumnua dibuka melalui jalur akademik dan non akademik. Jalur akademik berdasarkan nilai rapor dikombinasi dengan penilaian zonasi. Sementara non akademik berdasarkan afirmasi, prestasi, dan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Berikut ini informasi sementara seputar PPDB Kota Bandung 2018:

1. Berbasis jarak tempat tinggal ke sekolah
Hampir semua sekolah 90 persen berbasis jarak tempat tinggal ke sekolah, ditambah 5 persen jalur prestasi, dan 5 persen jalur khusus seperti ABK.

3. Penilaian akademik
Penilaian akademik akan dilihat saat kuota sudah penuh dan ada siswa yang memiliki nilai zonasi yang sama. Misalnya, kuota dari satu sekolah 100, ada yang jaraknya sama antara yang ke-100 dan 101, baru sekolah melihat nilai akademiknya siapa yang nanti diterima.

4. Kebijakan diterapkan menyeluruh
Kebijakan ini akan diterapkan secara menyeluruh di semua SMP/MTs. Hanya lima SMP yang masih menerima PPDB melalui penilaian akademik. Lima sekolah ini menerapkan penerimaan berbasis zonasi sebedar 50 persen. Lima sekolah yang membuka jalur akademik dengan kuota 40 persen, yakni SMPN 2, 5, 7, 14, 44 dengan pertimbangan jauh dari pemukiman dan saling berdekatan antar sekolah.

5 PPDB tingkat SD Kota Bandung 
Untuk PPDB di tingkat SD, sekolah harus memprioritaskan anak yang berusia 7 tahun. Di tingkat Taman Kanak-kanak (TK), anak berusia 6 tahun yang harus diutamakan. Kalau masih ada yang kosong boleh yang dibawah enam tahun. Begitu juga SD, 7 tahun prioritas kalau ada kosong baru boleh di bawah 7 tahun.

6. Jadwal PPDB Kota Bandung 2018
Proses pendaftaran PPDB 2018 dimulai pada 2-6 Juli 2018 dan pengumuman pada 9 Juli 2018. Calon peserta didik berhak memilih sekolah negeri paling banyak dua pilihan.

- Info lainnya seputar Disdik Kota Bandung LIHAT DI SINI
- Update informasi seputar PPBD Kota Bandung 2018, silakan lihat di laman resmi: http://ppdb.bandung.go.id

-------------------------------------
INFO TERKAIT LAINNYA:
Info Seputar PPDB Jawa Barat 2018 (Jenjang SMA/SMK)
Info Seputar PPDB Kota Bandung 2018 (Jenjang TK, SD, SMP)
Info Seputar PPDB Kabupaten Bandung 2018 (Jenjang TK, SD, SMP)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS