Informasi

Nike Kamarubiani, PLS Mengoptimalkan Pemberdayaan Potensi Masyarakat




Profil Nike Kamarubiani

Pendidikan Luar Sekolah (PLS) kini kian jadi bagi solusi pendidikan masyarakat. Tidak dimungkiri, selama ini masyarakat belum kenal benar  kemana arah, apa fungsi, dan bagaimana  Pendidikan Luar Sekolah itu. Padahal, PLS sangat berperan dalam upaya pembangunan masyarakat. Masyarakat selama ini lebih mengetahui pendidikan sekolah atau pendidikan formal. Padahal pendidikan luar sekolah sangat berperan dalam pembangunan masyarakat karena banyak jenis-jenis pendidikan luar sekolah.

Inilah yang terus dioptimalkan oleh sosok Nike Kamarubiani, salah satu Dosen Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Indonesia (UPI) Bandung. Bila dalam pendidikan ada falsafag "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” dari Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, sosok ibu tiga anak bisa jadi contohnya.

Ibu Nike ini tak segan-segan untuk turun langsung ke lapangan dengan prinsip "di depan memberi teladan; di tengah memberi dorongan semangat; dan di belakang memberi dorongan" sesuai falsafah "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” tadi. Baginya, memberi pemahaman dan menggerakkkan masyarakat akan PLS bukan saja sekadar teori atau ongkang-ongkah di depan meja. Sesuai dengan namanya "Pendidikan Luar Sekolah" haruslah terjun langsung ke masyarakat untuk lebih mengetahui apa saja masalah dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan.

Wanita kelahiran Kota Bandung 2 Juli 1975 ini pun tak menjaga jarang dengan siapapun yang concern dengan dunia pendidikan berbasis pemberdayaan masyarakat tersebut. Suatu waktu ia akan berada di tengah-tengah masyarakat yang ingin diberdayakan. Suatu waktu akan berdiskusi asyik dengan para mahasiswanya; juga kegiatan lainnya semisal bertukar pikiran dengan para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan atau ngariung (berkumpul) dengan komunitas-komunitas yang peduli dengan pendidikan.

Beberapa kegiatan dan aksi sosial pun telah banyak dilakukan. Salah satunya dengan mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cipaku yang ada di kawasan Ledeng, Kota Bandung, tak jauh dari kampus tempat dia mengajar. Juga event-event pendidikan pun biasa rutin ia selenggarakan dengan jaringannya.

Selain itu, konsep pendidikan luar sekolah di masyarakat berbasis seni budaya pun ia berdayakan dengan mengangkat khazanah lokal berupa permainan tradisional yang ia garap bersama Sanggar Seni Budaya ECO Bambu Cipaku. Inilah konsep pendidikan yang membumi coba ia angkat kembali bahwa banyak nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak-anak yang bisa diambil dari permainan tradisional.

Ini pula bisa jadi jawaban, khusus untuk generasi milenial, dimana generasi ini lebih banyak tergerus dengan aktivitas monoton bermain bersama gadget dibanding berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Langkah urgen ini perlu dilakukan agar makna pendidikan yang "memanusiakan manusia" bagi generasi muda harus ditumbuhkan oleh semua kalangan. Jangan sampai generasi kekinian "dijajah" oleh kuota internet dan menjauhkan mereka dari realita dan tuntutan pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Dan permainan tradisional dengan konsep belajar sambil bermain rupanya paling pas dengan kebiasaan di masyarakat kita dari zaman dulu.

Profil Nike Kamarubiani
Nike Kamarubiani dibesarkan dengan penuh kasih sayang oleh Bapak Drs. H. Machpud Alm dan HJ. Kentili Datab. Nike Kamarubiani menikah pada tahun 2005 dengan R. Yustianda, dan dikaruniai dua putra dan satu putri. Wanita binangkit ini menamatkan pendidikan di SD Negeri Cipaganti Bandung (1984), SMP Negeri 15 Bandung (1990), dan SMA Negeri 19 Bandung (1993).

Ia lalu mengikuti kuliah S1 di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) lulus tahun 2000, dan S2 program studi yang sama di pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2003. Pada tahun 2008 diangkat sebagai dosen tetap di Jurusan PLS FIP UPI, serta didorong untuk mengikuti Program Doktor (S3) Program Studi PLS UPI. Akun medsos Facebok: /nike.kamarubiani, akun Instagram: @kamarubiani.

Profil tokoh lainnya LIHAT DI SINI.


share to whatsapp