Kemenristekdikti Gelar Peringatan Puncak Hardiknas 2017 di Surabaya





Hardiknas Kemenristekdikti 2017 di Surabaya

Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti, Patdono Suwignjo, dan Dirjen Sumberdaya Iptek Dikti, Kemenristekdikti, menggelar jumpa pers dengan wartawan terkait Peringatan Puncak Hardiknas tahun 2017 di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (28/4). Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti, Patdono, menjelaskan kepada wartawan yang hadir, Kemenristekdikti turut andil dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang selalu diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, Kemenristekdikti  mengangkat tema “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”. Tema ini dipilih untuk menegaskan agar sekarang tibalah saatnya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma pendidikan tinggi supaya lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerahnya. Dengan kata lain, perguruan tinggi lebih dapat memerankan dirinya sebagai agent of economic development disamping agent of education dan agent of research and development.

Berdasarkan rilis dari Kemenristekdikti, tema tersebut juga mengingatkan akan arti penting pemerataan di bidang Pendidikan. Pendidikan, khususnya pendidikan tinggi kini tak hanya milik orang per orang, tapi kini menjadi milik bersama seluruh masyarakat Indonesia. Akses ke perguruan tinggi dan penguatan lulusan perguruan tinggi yang kompeten terus dikembangkan oleh Kemenristekdikti.

Dipusatkan di ITS
Hardiknas pada tanggal 2 Mei tahun ini akan dipusatkan oleh Kemenristekdikti di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Jawa Timur. Peringatan Hardiknas juga dilaksanakan serentak di seluruh PTN dan Kopertis se-Indonesia. Peringatan Hardiknas akan dimulai dengan pelaksanaan upacara bendera peringatan Hardiknas yang dilaksanakan di lapangan stadion milik ITS, yang akan menghadirkan sekitar 5.000 peserta upacara.

Selanjutnya, puncak acara Hardiknas akan dilaksanakan di gedung Pusat Riset ITS yang akan diresmikan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, dimana pada tempat tersebut juga akan diluncurkan beberapa program unggulan baru kementerian, antara lain adalah :
(1) Teaching Industry;
(2) Pendidikan Profesi Guru (PPG);
(3) Portal Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen;
(4) Rekognisi Pembelajaran Lampau;
(5) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI);
(6) SISTER (Sistem Informasi Terintegrasi); dan
(7) Grand Desain SDM Tenaga Kependidikan, Insinyur, dan Kesehatan.

Dalam rangka kegiatan puncak acara Hardiknas, Menristekdikti akan mengunjungi pameran pendidikan yang terdiri dari beberapa produk-produk inovatif dari Perguruan Tinggi yang berada di sekitar wilayah Jawa Timur.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS