Elih Sudiapermana Terpilih sebagai Ketua IKA PLS UPI Bandung





Elih Sudiapermana Terpilih Jadi Ketua IKA PLS UPI

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana akhirnya terpilih menjadi Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tahun 2017. Elih terpilih dalam kongres pertama IKA yang digelar hari Sabtu, 20 Mei 2017 di Auditorium Sekolah Pascasarjana UPI.

Kongres yang dihadiri perwakilan dari 22 angkatan alumni (1978-2010) ini, memilih mantan Kasubdit Kesetaraan Dirjen PAUD Dikmas Kemdikbud itu sebagai ketua IKA. Elih menyisihkan empat calon lainnya yaitu Dadang Sofyan (Birokrat), Jajat S Ardiwinata (Ketua Departemen PLS UPI), Endang Suherman (Ketua Presidium IKA), dan Solikhun (profesional).

Dalam sambutanya, Elih menyampaikan bahwa dalam masa kepemimpinannya IKA PLS harus menjadi wadah keragaman lintas generasi. “Saya akan mendorong IKA menjadi wadah untuk silaturahmi profesi” katanya.

Kekeluargaan, tambah Elih, harus menjadi perekat dan semangat untuk mengabdi, sehingga IKA bisa terus mengabdikan diri melalui keilmuan kepada masyarakat luas. IKA harusnya dijadikan sebagai modal informasi pengembangan keilmuan alumni. Oleh karena itu untuk tahap awal, IKA akan  dibentuk melalui pendekatan kewilayahan untuk mempermudah aksessibilitas dan saling tukar informasi lintas angkatan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Banyak hal yang bisa dikerjakan di sektor lain
Lebih lanjut Elih mengatakan bahwa Orientasi Alumni untuk menjadi PNS hendaknya tidak diprioritaskan. Banyak hal yang bisa dikerjakan di sektor lain. Selama ini alumni PLS tersebar di berbagai sektor pekerjaan. Ada yang jadi pengusaha, swasta, politisi bahkan ada yang sukses menjadi petani.

"Intinya alumni sebaiknya berorientasi kepada hal-hal kreatif yang lain, memanfaatkan keilmuan tidak harus di pemerintahan. Dengan niat yang baik bisa mengamalkan ilmu dimana saja," pungkas Elih.

Sementara Direktorat Kemahasiswaan UPI menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Elih Sudiapermana sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Departemen PLS FIP UPI.  Penguatan IKA di tingkat Departemen/Prodi merupakan salah satu program penting universitas, karena basis kekuatan riil alumni sesungguhnya ada di level ini.

Tracer study
"Melaui IKA Departemen PLS yang dinahkodai oleh Elih, Direktorat Kemahasiswaan UPI kami menghimbau para alumni untuk secara aktif mengisi tracer study yang instrumennya sudah tersambung secara online di www.upi.edu. Tracer study ini dimaksudkan untuk memetakan tiga hal, yaitu sebaran alumni, masa tunggu hingga terkoneksi dengan pekerjaan, dan respons alumni selama mengikuti perkuliahan di Kampus," kata Joni Rahmat Pramudia, Kepala Divisi Kerja Sama dan Hubungan Alumni Direktorat Kemahasiswaan UPI.

Ketiga indikator tersebut, tambah Joni, berimplikasi terhadap banyak hal, terutama akreditasi institusi. (Atif NN)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS