Bekraf Developer Day (BDD), Dorong Berkembangnya Startup Digital Indonesia





Bekraf Developer Day Bali 6 Mei 2017

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus mendorong kalangan muda untuk meningkatkan inovasi dan jejaringnya di bidang industri digital. Melalui kegiatan bertajuk Bekraf Developer Day (BDD) yang berlangsung di Denpasar, Bali, Sabtu (6/5/2017), diharapkan semakin banyak bermunculan startup yang lebih kreatif dan stabil secara bisnis di Pulau Dewata tersebut.

Tak kurang 650 peserta dan pembicara memadati ballroom Aston Denpasar Hotel & Convention Center. Tak hanya dari Bali, adapula peminat industri digital ini yang dari luar Pulau Bali, seperti dari Kalimantan, Sulawesi dan Pulau Jawa. Melalui kegiatan BDD ini, diharapkan semakin banyak bisnis-bisnis baru yang bermunculan dan semakin eksis karena produk digitalnya diterima masyarakat.

Startup baru di bidang animasi, games dan software
Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkari, mengatakan, antuasiasme kalangan muda Bali untuk mengikuti kegiatan BDD sangat diapreasiasi. Hari mengharapkan akan hadirnya startup baru di bidang animasi, games dan software dari Bali.

“Saya berharap kalangan muda di Bali semakin maju dengan industri digitalnya sesuai dengan potensi kearifan lokalnya. Malah tidak hanya untuk Bali atau Indonesia, namun juga harus bisa go international,’’ kata Hari dalam sesi wawancara dengan media, Sabtu (6/5/2017).

Hari juga mendorong peminat industri digital dan Pemda untuk berkolaborasi melakukan terobosan untuk mendorong kemajuan industri digital tersebut. Mengenai daerah yang masih lemah infrastrukturnya, Hari juga akan terus berkomunikasi dengan kementerian terkait.

“Bekraf fokus pada konten digital, sementara infrastruktur akan berkoordinasi dengan lembaga lainnya. Nah, Bali juga sebenarnya sudah memiliki sarana yang baik, misalnya ada asosiasi co-working space, hingga Digital Lounge. Bahkan Bali juga sudah punya Rumah Sanur di mana peminat digital dapat berkumpul dan melakukan inovasi yang kreatif,’’ ujarnya.

Hari menuturkan, perkembangan teknologi aplikasi, game, web dan IOT mau tidak mau harus diikuti secara aktif oleh masyarakat peminat industri digital agar tidak tertinggal dalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Industri aplikasi dan game di Indonesia akan berkembang cukup pesat akan memberikan dampak positif di bidang ekonomi dan sosial budaya. “Karena itu, nantinya ada kebutuhan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas developer aplikasi dan game,’’ katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Game Indonesia, Narenda Wicaksono, mengatakan, banyaknya peminat game developer di Bali cukup menggembirakan. Ini terlihat dari kehadiran peserta BDD yang menembus angka lebih dari 500 orang. Tak hanya peminat animasi, peminat programming dan game juga sangat banyak. “Potensi startup di Bali sangat baik,’’ kata pendiri Dicoding tersebut.

Mendorong kemajuan industri digital
Narenda lebih lanjut mengatakan, asosiasi yang dipimpinnya bersama dengan Bekraf akan terus berkontribusi untuk kemajuan industri digital di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Selain BDD yang sudah berlangsung sejak 2016 lalu, pihaknya juga akan terus mendorong kemajuan industri digital dengan berbagai program.

“Kami sedang menyusun pembuatan kurikulum game bagi para pemula, kami juga akan mendirikan Inkubasi bisnis bagi pengusaha pemula. Mudah-mudahan terobosan ini mendorong semakin majunya industri digital di Indonesia,’’ katanya.

Sementara itu, Yudistira salah satu peserta mengutarakan bahwa banyak ilmu dan manfaat yang ia dapatkan melalui kegiatan ini. Yudistira sendiri telah membuat game dengan mengangkat tema salah satu budaya Bali bernama Catch Us B-Rong.

“Tentu yang pasti dapat hal-hal baru dan banyak yang bisa dipakai ilmunya lewat pembicara yang hadir di sini (Bekraf Developer Day Bali),” Ungkapnya.

Bekraf Developer Day (BDD) berlangsung di 10 kota besar di Indonesia. Denpasar, Bali, merupakan kota keempat tahun ini setelah dari Manado, Bogor dan  Solo. Tahun ini ditargetkan hadir 2000 startup digital baru. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya 1.130 startup. (SP)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS