Jawa Barat Akan Jalin Kerja Sama dengan Fiji, Papua New Guinea, dan Kepulauan Solomon





Duta Besar Fiji, Seremaia T Cavuilati.  Papua New Guinea, Peter Ilau. Dan Kepulauan Solomon, Hide quoted text  berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Jawa Barat dan diterima oleh  Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di Gedung Pakuan, Jln. Otto Iskandardinata No. 1 Kota Bandung pada Kamis 12 Mei 2016.

Kunjungan tiga duta Negara sahabat ini bertujuan untuk membahas mengenai penjajakan kerjasama di berbagai bidang antara Jawa Barat dengan tiga negara tersebut. Ada pun yang dibahas dalam pertemuan ini  adalah, pendidikan, ekonomi dan perdagangan, seni dan budaya, hingga kerjasama di bidang olahraga.

"Saya ingin ada kerjasama yang riil bukan hanya dengan Indonesia tapi secara khusus antara Jawa Barat dengan Fiji, Solomon, dan Papua Nugini," tutur Aher kepada ketiga dubes tersebut

Secara geografis negara Fiji, Kepulauan Solomon, dan Papua New Guinea letaknya sama dengan Indonesia, yakni negara-negara yang termasuk dalam Pasifik bagian Selatan atau biasa disebut dengan negara-negara Melanesia.

Suami Netty ini menyatakan bahwa dirinya merasa bangga apabila bisa menjalin kerja sama dengan negara-negara berkembang.

"Saya juga akan merasa lebih bangga kerjasama dengan negara-negara berkembang karena merasa sesama saudara. Jadi, kita siap kerjasama!" tutur pria nomor satu di Jawa Barat.

Duta Besar Fiji untuk Indonesia berharap bisa mengundang investor dari Indonesia, khususnya Jawa Barat yang bisa menanamkan investasi di negaranya.

“Ini merupakan platform yang baik bagi kami, agar kami juga bisa mengundang investor bapak ke negara kami. Kita juga bisa bertukar ilmu pengetahuan juga pembangunan,”tutur Seremania.

Seremania  menambahkan, bahwa dirinya pernah ke Jawa Barat sebelumnya. Selain itu dirinya  selalu ingin kembali karena di Jawa Barat memiliki kondisi alam yang sama dengan negara pasifik yang ada di Negaranya.

Duta Besar Papua New Guinea untuk Indonesia, Peter, mengharapkan adanya peningkatan hubungan kerjasama dengan Indonesia, yang memang secara geografis antara Indonesia dengan Papua New Guinea merupakan negara tetangga yang sangat berdekatan.

“Kami mewakili sebuah grup dimana Indonesia juga merupakan anggota dan kami percaya bahwa dengan kesamaan ini kita bisa bekerja sama dengan baik,” tutur Peter.

Sedangkan Duta Besar Negara Kepulauan Solomon,  Hide quoted text  mengungkapkan hal yang sama.

Duta negara yang baru membuka kantor Kedutaan Besarnya di Jakarta pada Agustus 2014 lalu itu menambahkan, bahwa pihaknya ingin kerjasama di bidang olahraga, karena menurutnya Jawa Barat memiliki salah satu klub sepak bola terbaik di Indonesia, yaitu Persib Bandung.

“Kami menyadari bahwa banyak sekali generasi muda di wilayah bapak. Dan kami juga menekankan bahwa kami sangat tertarik dengan dunia persepakbolaan dan ke depannya mungkin kita bisa menjajaki kerjasama di bidang tersebut,” tutur Salana.

Gubernur Jabar menyambut baik dan berharap bisa melakukan kerjasama dalam bidang olahraga terutama sepak bola, dimana nanti bisa melakukan pertandingan persahabatan antara Persib Bandung dengan tim kesebelasan Solomon.

“Bagus juga kalau untuk pertama kali dijajaki pertandingan Persib dengan kesebelasan Solomon,  Sangat bagus,” tutur Aher.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS