Nutrition International Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Indonesia





Nutrition International

Dalam lima tahun terakhir ini Indonesia dikejutkan dengan tingginya angka stunting, satu dari tiga anak dengan kondisi stunting. Kondisi ini disebabkan karena kekurangan gizi kronis. Kekurangan gizi merupakan masalah yang sangat serius untuk disikapi. Kekurangan gizi pada akhirnya menyebabkan kematian, akibatnya mengurangi daya saing sebuah negara akibat hilangnya generasi yang sehat.

Masalah ini sudah ditengarai oleh Nutrition International (NI) untuk bergerak dalam pemenuhan gizibagi ibu hamil, remaja dan anak balita. NI sebuah organisasi global, didirikan di Kanada 26 tahunyang lalu bertujuan membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan khususnya di bidang gizi.

Nutrition International menjalin kemitraan bersama di sejumlah pemerintahan, donor dan pelaksana di berbagai negara serta melakukan studi terkait pembangunan kesehatan dan kesejahteraan di berbagai sektor untuk menjangkau jutaan orang di lebih dari 60 negara setiap tahunnya.

“Pemenuhan gizi mikro tidak kalah penting dengan pendidikan dan peningkatan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Memang tidak terlihat secara nyata, tetapi kekurangan zat gizi mikrodapat menimbulkan dampak serius. Keterlibatan NI bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak tahun 2006 membantu meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak, remaja putri dan para ibu,” ujar Direktur Nutrition International Indonesia, Sri Kusyuniati.

Secara langsung NI membantu pemenuhan suplemen kapsul vitamin A bagi anak-anak, membantu meningkatkan penggunaan zinc bersama oralit osmolaritas rendah sebagai terapi dalam pengobatan diare balita, meningkatkan jumlah rumah tangga mengonsumsi garam beryodium, meningkatkan jumlah perempuan dalam mengonsumsi suplemen zat besi dan asam folat secara rutin dan mendukung fortifikasi tepung terigu.

Didirikan tahun 1992, Nutrition International adalah sebuah organisasi global dengan tujuan utama untuk memberikan intervensi gizi bagi mereka yang paling membutuhkan. Dengan menjalin kemitraan bersama pemerintah dari berbagai negara, donor dan pelaksana, para ahli di Nutrition International melakukan studi terkait gizi yang mutakhir, mendukung perumusan kebijakan penting, dan mengintegrasikan gizi ke dalam program pembangunan yang lebih luas.

Di lebih dari 60 negara, terutama di Asia dan Afrika, Nutrition International mendorong orang untuk menyehatkan hidup. Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi www.NutritionIntl.org.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS