Informasi

Mang Oded dan Kang Yana Resmi Pimpin Kota Bandung 2018 - 2023




Pelantikan Walikota Bandung Oded M Danial

Oded M. Danial dan Yana Mulyana resmi menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Kamis (20/9/2018). Hal itu setelah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melantik keduanya di Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika, Kamis (20/9/2018) sekitar pukul 09.00 WIB.

Selain melantik Oded dan Yana, Gubernur Jabar juga melantik lima kepala daerah lainnya. Pelantikan didahului dengan pembacaan sumpah.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wali kota dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa."

Demikian sumpah yang diucapkan Oded dalam proses pelantikan tersebut.

Pelantikan berlangsung dengan khidmat. Selain dihadiri oleh keluarga, para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah tokoh dan sesepuh Kota Bandung turut hadir pada acara pelantikan ini.

Sementara itu, sebelum pelantikan, Oded dan Yana beserta Ridwan Kamil dan 5 pasangan kepala daerah lainnya melakukan “historical walk” menuju Gedung Merdeka dari hotel Savoy Homann. Itu juga yang dilakukan para delegasi dari negara-negara di benua Asia dan Afrika pada 63 tahun yang lalu. Usai pelantikan, Oded dan Yana beserta gubernur dan kepala daerah lainnya langsung menuju Gedung Sate.

Oded M. Danial menjadi Wali Kota Bandung ke-27. Ia juga akan menjadi Wali Kota Bandung ketiga yang melalui proses pemilihan secara langsung. Dua Wali Kota Bandung sebelumnya yang terpilih melalui pemilihan umum langsung, yaitu Dada Rosada (2008-2013) dan N. Ridwan Kamil (2013-2018).

Pada Pemilihan Wali Kota Bandung , 27 Juni 2018, pasangan Oded M. Danial dan Yana Mulyana yang akrab disapa Mang Oded dan Kang Yana, meraih sebanyak 634.682 suara dari 1.305.872 warga Kota Bandung menyalurkan aspirasinya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.266.830 surat suara dinyatakan sah dan 39.042 surat suara tidak sah. Dari suara yang sah, pasangan ini memperoleh sekitar 50,1 Persen dukungan.

Pada pelantikan, yang diagendakan dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB, pasangan Mang Oded dan Kang Yana akan menggunakan Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB) berwarna putih lengkap dengan topi dan atribut lainnya. Mereka akan didampingi istri dan anak-anaknya.

Sementara itu, Siti Muntamah Oded bakal menjadi Ketua Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung Masa Bakti 2018-2023. Ia akan dilantik oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

Pelantikan Ketua TP PKK Kota Bandung dirangkaikan dengan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung. Kedua jabatan tersebut secara ex officio diisi oleh istri kepala daerah.