Informasi

Inilah Rangkaian Seremoni Pergantian Kepemimpinan




Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Pemkot Bandung sedang mempersiapkan prosesi pergantian kepemimpinan di Kota Bandung. Prosesi ini direncanakan berlangsung meraih. Seperti diketahui, masa jabatan pasangan M. Ridwan Kamil dan Oded M. Danial akan berakhir pada 16 September 2018 mendatang. Setelah keduanya memenangkan kontestasi kepala daerah di Pilkada Serentak 2018 lalu, mereka akan segera menempati posisi baru.

Pelantikan Gubernur Ridwan Kamil dan Wali Kota Oded M Danial
Ridwan Kamil akan menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, sementara Oded M. Danial akan menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Ridwan Kamil akan dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat tepat sehari setelah masa jabatan wali kotanya berakhir. Pelantikan rencananya dilaksanakan pada 17 September 2018 di Istana Negara.

Sedangkan Oded M. Danial bersama lima kepala daerah terpilih lainnya di Jawa Barat, akan dilantik oleh Gubernur Jawa Barat yang baru, pada 20 September 2018 di Gedung Merdeka, Bandung.

Menghadapi peristiwa bersejarah tersebut, seluruh pimpinan perangkat daerah di Kota Bandung mulai mempersiapkan diri. Kepala Bagian Pemerintahan Umum, Anton Sugiana telah mengatur skema pelantikan dan peralihan jabatan.

“Nanti bukan hanya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota saja, tetapi juga akan ada pejabat peralihan. Apakah itu Plh atau Pj selama 4 hari masa kekosongan dari 16-20 September 2018,” ungkap Anton di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Kamis (30/8/2018).

Historical Walk
Pada hari pelantikan kepala daerah tingkat II, seluruh kepala daerah akan memulai aktivitas dari Hotel Homann pada pukul 08.00 WIB. Mereka akan melakukan Historical Walk di sepanjang Jalan Asia-Afrika menuju Gedung Merdeka. Selanjutnya, di Gedung Merdeka yang berkapasitas 1.000 orang, akan dilaksanakan prosesi pelantikan.

Seusai pelantikan, para kepala daerah akan diarak menggunakan kereta kencana, diikuti oleh Bandros (Bandung Tour on Bus) mengelilingi Kota Bandung hingga ke Gedung Sate. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan 7 kereta kencana dan 8 unit Bandros.

Selain itu, Disbudpar Kota Bandung juga menyiapkan seremonial khusus untuk menghantarkan Ridwan Kamil ke Gedung Sate dan menyambut Oded M. Danial di Balai Kota Bandung. Seremonial bertema “Jajap Ka Jabar” itu akan dilaksanakan pada 22 September 2018.

Atraksi budaya
Berbagai atraksi budaya khas Kota Bandung dan yang berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat akan meramaikan momentum bersejarah itu.

“Nanti akan ada simbolis penyerahan kunci kota dari Kang Emil ke Mang Oded di Balai Kota Bandung,” ungkap Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari.

Pada helaran itu, Ridwan Kamil dan Oded M. Danal juga akan mengikuti pawai dari Pendopo dan melewati sejumlah titik pembangunan infrastruktur yang dibangun pada masa kepemimpinan mereka, menuju ke Balai Kota Bandung dan berakhir di Gedung Sate. Acara akan ditutup dengan Car Free Night di depan Gedung Sate.

“Ini momentum bersejarah yang tidak boleh kita lewatkan,” ujar Dewi.