Informasi

The Japan Foundation Adakan Program NIHONGO Partners




Program Nihongo Partners 2018

Kabar gembira bagi SMK yang memiliki ekskul atau mata pelajaran Bahasa Jepang nih! The Japan Foundation mengadakan Program NIHONGO Partners (NP). NP (Nihongo Partners) adalah program yang menawarkan tenaga pendidik dari Jepang untuk mengajar di SMK. Hal yang di bahas terkait pengenalan bahasa dan budaya Jepang. Mau mengenalkan budaya Indonesia juga kepada mereka? Tenang saja, orang Jepang tersebut juga dengan senang hati akan memperdalam dan mempelajari bahasa maupun budaya Indonesia.

Program NIHONGO Partners (NP) adalah program yang mendukung pendidikan bahasa Jepang di negara-negara ASEAN dengan melaksanakan kegiatan pengenalan bahasa dan budaya Jepang di dalam maupun di luar kelas dengan sukarelawan yang berperan menjadi mitra percakapan maupun asisten dalam kegiatan belajar-mengajar, sebagai mitra dari pengajar dan siswa pembelajar bahasa Jepang. Para Partners sendiri juga akan memperdalam dan mempelajari bahasa maupun budaya setempat, dengan tujuan menjadi jembatan bagi negara-negara ASEAN dan Jepang.

Sekolah penerima program NIHONGO Partners ditetapkan atas persetujuan bersama The Japan
Foundation, Jakarta (JF) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud).
Sebelum disetujui dan ditetapkan, sekolah akan melalui proses seleksi terlebih dahulu. Mulai
proses seleksi untuk gelombang 11 dan 12 akan diberlakukan proses aplikasi dari pihak sekolah.

Contoh kegiatan NP di kelas/sekolah :
- Memberikan contoh saat latihan pengucapan kata bahasa Jepang
- Membantu latihan percakapan (kaiwa) dengan siswa
- Mengenalkan budaya Jepang termasuk kesenian, olahraga, dan kebiasaan masyarakat di Jepang

Bagi sekolah yang berminat mendapatkan NP, dimohon mengirimkan formilir pendaftaran yang sudah dilengkapi agar dapat masuk dalam seleksi sekolah penerima NP periode berikutnya.

Info lebih lengkap dan persyaratan, silakan kunjungi laman http://www.jpf.or.id/id/np