Informasi

Trauma Healing Bagi Anak-Anak Rumah Kardus Korban Kebakaran di Gedebage




Trauma Healing Korban Kebakaran Gedebage

Sabtu,  2 Juni 2018 yang lalu, sekitar pukul 19.39 WIB terjadi kebakaran di Kawasan Rumah Kardus, Jalan Gedebage RT 04/05, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Kebakaran yang terjadi membuat pemukiman padat penduduk ini rata tak tersisa. Akibat kejadian ini pula warga tak hanya kerugian materil kehilangan rumahnya, tapi kesedihan pula dirasakan oleh anak-anaknya.

Sebagai upaya membantu meringankan dampak musibah, khususnya mengurangi efek traumatis yang dirasakan anak-anak,  pada hari Jumat, 8 Juni 2018 Ikatan Alumni PLS UPI Bandung, MoPi PAUD Institute-ECO Bambu, Yayasan Ibu Berbagi, Riung Bandung dan Gacor - Gerakan Cinta Orang Rancaekek/Laskar Indah Bersedekah bekerjasama memberikan bantuan dan turut menyelenggarakan trauma healing bagi anak-anak dengan acara dongeng boneka Kak Zea, Badut Micky Mouse Gacor, game interaktif, dan pemutaran film Mobil Pintar (MoPi).

Anak-anak terlihat senang, begitu pun orangtuanya karena selain ada hiburan-hiburan sebagai trauma healing, mereka juga mendapatkan bantuan barang berupa alat shalat, alat sekolah (tas, buku, pensil),  selimut, dan pakaian.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar masyarakat terdampak musibah kebakaran bisa segera melupakan peristiwa traumatik dan kembali bisa beraktivitas seperti biasa,anak-anak bisa segera recovery kembali bersekolah, mengaji, bermain dan bersosialisasi seperti semula.

"Harapannya, Ikatan Alumni (IKA) PLS UPI mampu menjadi organisasi yang peduli terhadap masyarakat dan masalah-masalah sosial. IKA PLS UPI harus berkiprah tidak saja pada prodi, alumni, namun juga pada lingkungan sosial.Kegiatan sosial IKA PLS/yang saat ini berubah nama menjadi Pendidikan Masyarakat, harus didukung seluruh alumni dengab support sesuai kapasitasnya." Ungkap Syarifudin, selaku sekjen IKA PLS UPI.