Informasi

Tol Bocimi Dibuka untuk Jalur Mudik Mulai 8 Juni 2018




Tol Bocimi Jalur Mudik 2018

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I dipergunakan untuk arus mudik Lebaran 2018. Namun, para pemudik baru bisa melintasi tol sejauh 15 kilometer. Dari rencana 53 kilometer, yang bisa dilalui baru sejauh 15 kilometer. Masuk dari Ciawi dan keluar di Cigombong. Kehadiran jalur tol ini sangat membantu mengurangi kemacetan di jalur tersebut sebanyak 20 persen.

Bagi Anda yang akan mudik ke daerah Jawa Barat, ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dibuka secara fungsional tanpa tarif mulai Jumat (8/6/2018) hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1439 pada 24 Juni 2018. Pengelola tol pasang portal agar bus besar dan truk tidak lewat. Ini masih satu arah dari Bogor menuju Sukabumi. Nanti ada dua exit tol di Caringin KM 6 dan Cigombong di KM 15.

Sementara untuk mengantisipasi lonjakan arus di jalan utama menuju Sukabumi di exit tol polisi memasang traffic cone. Tujuannya agar tidak terjadi perpotongan atau kendaraan salah masuk ke dalam tol dari Sukabumi.

Selama fungsional, telah disiapkan tiga pintu tol, yakni di pintu Tol Ciawi, kilometer 6+300 Cimande/Caringin, dan kilometer 15+300 Cijeruk/Cigombong. Antisipasi kemacetan dilakukan dimana Pintu Tol Caringin akan dibuka jika kepadatan panjang terjadi di pintu tol Cigombong

Tol Bocimi akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 5 jam menjadi sekitar 1-2 jam. Semakin lancarnya konektivitas diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Sukabumi serta mendukung kawasan wisata di selatan Jawa seperti Palabuhanratu, Ciletuh, dan Ujunggenteng.