Informasi

Telkom University Sabet Juara 1 Lomba Paduan Suara di Austria




Paduan Suara Telkom university

Kabar membanggakan datang dari kampus yang berlokasi di Sukabirus, Terusan Buah Batu, Kab. Bandung. Paduan suara Telkom University berhasil menjuarai ajang '31st International Franz Schubert Choir Competition'. Lomba paduan suara tingkat dunia ini diselenggarakan oleh interkultur Germany di Vienna, Austria, (30/5) hingga (3/6).

Paduan suara dengan nama Telkom University Choir juara 1 di dua kategori lomba yaitu kategori Sacred Choral Music (S) dan kategori Mixed Youth Choir (G3).

Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia, pihaknya bertanding dengan 17 paduan suara lainnya dari 11 negara yaitu Austria, Denmark, Estonia, Norwegia, China, Taipei, Filipina, Russia, Singapore, Turki, Amerika, dan Vietnam.

Telkom University Choir yang beranggotakan 34 orang penyanyi, dan 1 orang konduktor ini dipercaya sebagai paduan suara pembuka yang tampil dalam Opening Ceremony kompetisi ini yang berlangsung di Votivkirche dengan membawakan lagu-lagu tradisional.

Tim paduan suara yang diperkuat 34 penyanyi dan 1 orang conductor ini menjadi paduan suara pembuka dalam kompetisi yang berlangsung di Votivkirche. Dengan mengenakan tarian dan kostum yang mencirikan identitas kebudayaan dari Indonesia, tim paduan suara membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia.

Pada kategori Sacred Choral Music (S) yang diadakan pada 1 Juni 2018 di Minoritenkirche, Telkom University Choir membawakan tiga komposisi karya sakral dari berbagai zaman musik, Exultate Deo karya Giovanni Pierluigi da Palestrina, Abendlied karya Josef Gabriel Rheinberger dan Gloria Patri karya komposer Indonesia yaitu Budi Susanto Yohanes.

Tim ini pula yang membawakan karya-karya lain pada kategori Mixed Youth Choir (G3) yaitu The Heavens Flock karya Eriks Esenvalds, Salve Regina karya Franz Schubert, Fajar dan Senja II karya Ken Steven dan Gaur Akelarre karya Josu Elberdin.

Dalam penampilannya kali ini Telkom University Choir mendapatkan dukungan langsung dari warga Indonesia yang tinggal di Austria serta Dubes RI Austria dan Staff Kedutaan Besar Republik Indonesia di Austria yang datang langsung menyaksikan Telkom University Choir berkompetisi di Wiener Konzerthaus pada tanggal 2 Juni 2018.

Tim paduan suara Telkom University mendapatkan predikat Gold Diplome Level VI dan skor tertinggi pada kompetisi tersebut. Mereka juga meraih predikat Qualified I sebagai kualifikasi untuk mengikuti kompetisi tertinggi di Interkultur.