Siswi SMKN 1 Pacet Raih Medali Emas di LKS SMK Nasional 2018





Rani Nursita SMKN 1 Pacet

Prestasi membanggakan diraih Rani Nursita, siswi SMKN 1 Pacet. Rani meraih juara pertama dan berhak meraih medali emas  dalam lomba bidang Post Harvest Technology pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVI Tahun 2018. Lomba pendidikan ini diselenggarakan di Lombok City Center, Jl. Jendral Ahmad Yani Km.8, Gerimax, Narmada, Lombok Barat, NTB pada Jumat, 11 Mei 2018.

Saat perlombaan, Rani membuat tepung dari talas tanpa getah yang biasanya membuat gatal. Hal tersebut dimodifikasi olehnya dengan menggunakan teknologi yang ada.  Talas tersebut ditambahkan garam atau NaCl 1 persen untuk menghilangkan getah penyebab gatal.

Tepung tersebut dipakai untuk membuat makaroni pasta dengan mengaplikasikan teknologi  pada mesin pasta. Bermula dengan mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat makaroni pasta tersebut, kemudian dimasukan kedalam mesin pasta yang bekerja selama 12 menit, lalu makaroni pasta sudah siap dengan tercetak sendiri. 

Rani sangat bersyukur telah memenangkan penghargaan LKS SMK tingkat Nasional ini. Selain itu dalam acara ini, ia juga lebih banyak mengenal teman-teman dari luar daerah. Rani Nursita merupakan siswa Kelas XII Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) di SMKN 1 Pacet. Pesaing Rani dalam bidang lomba ini adalah 27 siswa dari berbagai SMK di tingkat Nasional.

SMK Negeri 1 Pacet berada di Jln. Hanjawar Pacet No. 25, Cianjur. SMK ini merupakan sekolah yang berada di kabupaten vokasi berpotensi mengembangkan pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan 6 kompetensi keahlian yakni Agrobisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP), Akomodasi Perhotelan (AP) Jasa Boga (JB) Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). (Disdik Jabar)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS