Juara di Tingkat Jabar, Karang Taruna Jayagiri Maju ke Tingkat Nasional





Karang Taruna Jayagiri Rancabali Bandung

Karang Taruna Jayagiri Desa Indragiri, Kecamatan Rancabali, Kab. Bandung meraih peringkat pertama ajang Karang Taruna Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018, serta berhak mewakili Jawa Barat pada ajang yang sama di tingkat nasional. Hal itu diungkap Bupati Bandung  Dadang M. Naser saat memberikan sambutan dalam peresmian GOR D’Gree Futsal di Desa Indragiri sebagai Rangkaian Safari Ramadhan 1439 H, Senin (21/5).

Pada tahap pertama dari 25 peserta, terpilih 10 besar. Sedangkan pada seleksi tahap kedua yang dilakukan Tim Verifikasi dari provinsi, Jayagiri berhasil menyisihkan 9 Karang Taruna lainnya dari kabupaten/kota se Jawa Barat. Ada beberapa aspek yang dinilai, diantaranya kelembagaan, usaha ekonomi dan produktif, kesekretariatan, administrasi, rekreatif olahraga serta kesenian. Bupati merasa bangga dengan prestasi yang telah diraih para pemuda Desa Indragiri tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bandung merasa bersyukur, bangga dan terhormat, karena Jayagiri dipercaya menjadi Karang Taruna Teladan Tingkat Jawa Barat. Tentunya ini semua tidak terlepas dari kerja keras para tokoh pemuda yang dilakukan selama ini, dalam merangkul generasi penerus, sehingga mampu mencetak SDM yang berkualitas dan terhindar dari pergaulan negatif,” ucap Bupati.

Bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia
Dadang Naser berharap dengan aktifnya Karang Taruna Jayagiri, bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di Desa Indragiri. “Sebagai Laboraturium kader generasi muda, Karang Taruna diharapkan mampu membawa perubahan konstruktif bagi lingkungan sosial kemasyarakatan. Rata-rata lama sekolah harus meningkat, angka kemiskinan dan pengangguran bisa lebih ditekan. Terlebih Angka Harapan Hidup (AHH) harus lebih baik dari orang kota, karena udara di sini sangat bagus, sangat sejuk, tinggal pola makannya yang harus diperbaiki,” imbuhnya.

Sumber Daya Manusia, menurutnya, merupakan faktor yang sangat dominan dalam pembangunan. Sejauh mana kualitas pembangunan dapat dilakukan, tergantung kepada kualitas Sumber Daya Manusia yang menggerakannya.

“Bagaimana kita membina generasi zaman now ini, bagaimana pola hidupnya agar lebih berkualitas di masa yang akan datang. Dengan meningkatkan pemberdayaan generasi muda melalui pengembangan kapasitas dan kapabilitas kepemudaan, mendorong peran aktif pemuda dalam berbagai aktivitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, salah satunya adalah mereka yang tergabung di Karang Taruna. Selamat untuk Karang Taruna Jayagiri atas raihannya dan Selamat bertugas untuk menata lebih rapi lagi untuk maju ke tingkat nasional,” pungkas Dadang Naser.

Pembangunan GOR Futsal
Terkait pembangunan GOR Futsal yang diresmikan Bupati, Kepala Desa (Kades) Indragiri Agus Margono berharap, pembangunan Gedung yang dianggarkan dari Anggaran Dana Desa (ADD) itu akan memunculkan potensi generasi muda setempat khususnya dalam olahraga futsal. GOR D’gree Futsal yang mulai dibangun ditengah-tengah hamparan kebun teh dengan pemandangan asri dan udara yang sejuk tersebut, mengalihkan kebiasaan anak-anak setempat dari hobinya bermain video game.

“Biasanya anak-anak udunan (patungan) untuk bayar sewa main play station, sekarang beralih ke kegiatan fisik. Gedung ini masih dalam tahap pengembangan, ke depan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet, ruang ganti, lahan parkir serta pemandian air panas,” ucap Kades Indragiri.

Sebelumnya, Bupati beserta rombongan mengunjungi Desa Sukaresmi Kecamatan Rancabali yang memiliki potensi besar untuk dijadikan Kampung Koi, dengan keindahan alam, kesejukan udara dan derasnya aliran air yang begitu jernih. Usai meresmikan GOR D’Gree Futsal, Bupati pun melanjutkan perjalanan ke Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey untuk melaksanakan agenda Tarawih Keliling. (Humas Pemkab Bandung)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS