Informasi

9 Tempat Wisata Paling Ngehits di Bandung Timur Buat Liburan




Tempat wisata favorit di Bandung Timur

Bingung nyari tempat wisata saat liburan? Di Bandung banyak pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Namun, bila ingin menjajal tempat wisata baru dan lain dari biasanya, musim libura sekarang Anda dan keluarga atau bareng teman-teman bisa menjajal aneka destinasi wisata di kawasan Bandung Timur.

Di kawasan ini, sebenarnya banyak lho tempat wisata pilihan yang asyik dan ngeunaheun. Selain masih menyajikan tempat wisata yang alami dan aksesnya tidak macet kayak ke Lembang atau Ciwidey, tiket tempat wisata di Bandung Timur pun terbilang murah. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata kekinian dan instagramable di kawasan Bandung Timur.

1. Taman Wisata Kaulinan Pasir Kunci
berada di kawasan Jalan Pasir Kunci, Ujungberung, Kota Bandung. Di spot wisata alam ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bandung. Sehingga dari ketinggian dan tentunya bisa puas berswafoto dengan view menakjubkan.
Berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut, suasana sejuk langsung menyapa begitu memasuki jarak beberapa ratus meter sebelum sampai di Kampung Wisata Pasir Kunci, Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung.

Memang membutuhkan sedikit perjuangan menuju tempat ini. Jalanan berliku dan menanjak harus ditempuh dalam jarak sepanjang 2 kilometer dari Pasar Ujung Berung. Meskipun Kampung Pasir Kunci berhubungan langsung dengan Gunung Palasari , Gunung Manglayang yang tertutup kabut tipis tampak begitu jelas dari pandangan. Wisata Pasir Kunci biasa disebut juga Taman Selfi. Spot yang paling menarik untuk berfoto di tempat ini adalah tempat yang berlatar belakang pemandangan Gunung Manglayang.

2. Villa Kancil - Kampoeng Sunda
Jln. Raya Desa Padamukti, Kecamatan Solokan Jeruk, Kab. Bandung. Berada di areal dengan luas sekitar 67.000 meter persegi ini merupakan kawasan wisata terpadu yang menyajikan wisata petualangan outbound, arena bermain anak, kolam pemancingan, villa/cottage, hingga waterboom.

Anak-anak bisa dikenalkan sejak dini akan lingkungan desa. Salah satunya, mereka bisa naik perahu yang ditarik seekor munding (kerbau). Selain arena main di air, anak-anak pun bisa menjajal permainan di darat, seperti flying fox, naik sepeda, main trampolin, dan lainnya. Sementara bagi orang tua bisa bermain flying fox, naik ATV, atau rehat sejenak di saung-saung sambil menikmati aneka kuliner.

3. Sukamanah Waterboom
Nama Waterboom Green Sukamanah kini memang menjadi pilihan khususnya warga Bandung Timur. Wahana bermain air ini terletak di kawasan Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Lokasinya tak jauh dari arah Dangdeur Rancaekek ke arah Majalaya (sekitar 5 km). Untuk akses, bisa dari keluar tol Cileunyi ke arah Rancaekek putar balik ke arah Pasar Dangdeur menuju Jln. Rancaekek-Majalaya.

4. Cantigi Camp Cileunyi Kulon
Alamatnya di Jln. Manjah Beureum, Cileunyi Kulon, Kab. Bandung. Bagi Anda yang menggunakan jalur Jalan Soekarno-Hatta (By Pass) atau jalur Ujungberung, terus saja ke arah timur dengan rute: bunderan Cibiru - Cinunuk - Jalan Percobaan. Nah, sebelum terminal Cileunyi (pertemuan jalan sejalur/Jalan Percobaan Cileunyi) ada jalan ke Perumahan Villa Bandung Indah, terus naik saja ke arah Kampung Manjah Beureum.

Anda bisa menanyakan ke tukang ojek yang ada di sana. Jika menggunakan jalur tol, keluar dari pintu keluar Cileunyi, belok kiri ke arah Pasar Sehat Cileunyi terus ke arah Jalan Percobaan Cileunyi. Di percabangan Jalan Percobaan, belok kanan dan masuk ke jalan arah Perumahan Villa Bandung Indah, lanjut terus ke arah Kampung Manjah Beureum dan lokasi Cantigi Camp.

5. Wisata Hutan Pinus Batu Kuda
Objek wisata ini menempati area dengan Luas mencapai 20 hektare lebih. Objek Wisata Batu Kuda berada di atas ketinggian 1150 hingga 1300 meter dpl. Dengannya kawasan wisata ini memnawarkan keindahan alam pegunungan yang masih asri dengan suhu kawasan yang sejuk. Arah masuknya bisa dari jalur Cantigi Camp, Cileunyi Kulon, terus saja menuju arah Gunung Manglayang.

6. Curug Cinulang
Bisa juga Anda dari tol Cileunyi ke arah Cicalengka menuju Curug Cinulang.  Air yang jatuh dari ketinggian Curug Cinulang selalu mengalirkan air deras baik pada musim kering, terlebih penghujan. Tingginya yang mencapai 30 meter ini akan membuat siapapun takjub ketika melihat. Air terjun ini sangat pas buat yang ingin foto selfie.

7. Kampung Sawarga
Kawasan wisata terpadu Kampung Sawarga berada di Jalan Arcamanik Bihbul (Sindanglaya) No 80, Kelurahan Pasirimpun, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung. Lokasinya tak jauh dari Terminal Cicaheum. Di tempat wisata ini cocok untuk mengadakan kegiatan reuni, pertemuan keluarga, gathering, dan lainnya.

8. Kampung Bamboo
Berada di Jln. Terusan Padasuka KM.4, Cimenyan, Bandung. Destinasi wisata Kampung Bamboo di kawasan Bandung timur ini biasa menjadi tempat kegiatan adventure di alam terbuka. Pengunjungnya biasanya dari sekolah-sekolah hingga kantor-kantor yang mengadakan gathering dan fun games di alam terbuka. Bagi anak-anak,  tempat ini selain menyajikan wisata petulangan juga menyediakan menjadi tempat wisata edukatif. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di berbagai wahana permainan yang menuntut mereka aktif dan kreatif.

9. Manglayang Jungle Place
Objek wisata Manglayang Jungle Place (MJP) terletak di Cilengkrang 1 Kampung Cigupakan RW 03 Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung. Salah satu daya tarik tempat ini adalah menyajikan area pandang untuk melihat dataran Bandung dari ketinggian. Area MJP ini terbilang luas dengan penataan yang terbilang asri nan hijau.