Informasi

10 Tempat Wisata Favorit di Tasikmalaya Saat Libur Lebaran




Wisata Favorit di Tasikmalaya 2018

Kegiatan mudik saat libur Idul Fitri bukan hanya bersilaturahmi bersama sanak saudara atau melepas kangen suasana di lembur. Kegiatan mudik Lebaran pun bagi masyarakat biasa diisi dengan melakukan aktivitas rekreasi ke tempat-tempat wisata. Libur Lebaran yang termasuk momen libur panjang sayang rasanya bila tak dimanfaatkan bila tak berkunjung ke tempat-tempat wisata di daerah Anda.

Bagi Anda yang mudik saat libur Lebaran tahun ini ke Tasikmalaya, berikut ini beberapa tempat wisata kekinian yang sedang ngehits di Tasikmalaya.

1. Wisata Alam Pasir Kirisik Guranteng
Bila ingin merasakan paduan suasana sejuknya Puncak Bogor, The Lodge Maribaya Lembang, Rumah Hobbit Lembang, Pepedan Hills Pangandaran, dan Barusen Hills Ciwidey, di sinilah tempatnya. Wisata alam Pasir Kirisik Guranteng kini namanya semakin mencuat di kalangan netizen, terutama kawula muda.

Untuk rutenya bila dari arah Bandung, keluar tol Cileunyi - Rancaekek - Cicalengka - Nagreg - arah ke Ciawi/Tasikmalaya - di Ciawi belok kanan masuk ke jalan arah Pagerageung - lewat pasar -  ada tanjakan belok ke kiri ada pom mini - terus saja hingga ke lokasi wisata alam Pasir Kirisik.

Wisata alam Pasir Kirisik sangat cocok buat selfie atau wefie dengan menggunakan kamera smartphone maupun kamera DSLR. Beberapa spot menarik yang jadi favorit foto-foto anak-anak muda ada:  gapura yang berbentuk hati terbuat dari tanaman;  spot foto selfi ayunan seperti di The Lodge Maribaya Lembang; spot dek kayu berbentuk hati seperti di Pepedan Hills Pangandaran; telepon umum berwarna merah; backgrounnd Menara Pisa Italia; dan foto dengan gambar 3D seperti yang ada di Amazing Art World Bandung.

2. Taman Karangresik
Taman Wisata Karangresik, di Jalan Mohammat Hatta, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya kini tengah naik pamor. Apalagi setelah pelaksanaan Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017 dimana taman tersebut menjadi salah satu lokasi event.

Taman ini kini disulap menjadi kawasan wisata alternatif di Kota Tasikmalaya. Selain mempertahankan wisata sejarah, Karangresik juga  menyuguhkan wisata outbond, wisata agro, serta wisata lainnya. Taman Wisata Karangresik resmi dibuka oleh Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, pada Selasa (17/10/2017), tepat pada HUT ke-16 Kota Tasikmalaya.

3. Wisata Kawah Gunung Galunggung
Kawasan wisata dengan luas kurang lebih 120 hektare ini kini dikelola Perum Perhutani. Gunung Galugggung memiliki panorama eksotis khas dataran tinggi dengan udaranya yang dingin. Gunung berapi dengan tinggian 2.167 mdpl tersebut kini jadi tempat kemah favorit, terutama wisatawan lokal. Destinasi lain yang kian jadi primadona wisatawan adalah wisata pemandian air panas. Pemandian air panas yang ada di kawasan Galunggung salah satunya ada Citiis Padakembang.

4. Situ Gede Tasikmalaya
Situ Gede merupakan danau dengan luas sekitar 47 hektar di Tasikmalaya, Jawa Barat. Objek wisata ini cukup populer karena menawarkan pemandangan indah, suasana tenang dan lokasinya tak jauh dari pusat Kota Tasikmalaya, hanya 30 menit.

Fasilitas buat pengunjung Situ Gede kini sudah cukup lengkap. Musala, gazebo, toilet, hingga trek jogging tersedia di sini. Berbagai tempat makan yang menjual menu ikan khas daerah setempat juga ada, jadi wisatawan yang tidak membawa bekal pun bisa makan di sana.

5. Pantai Sindangkerta Tasik Selatan
Pantai Sindangkerta di daerah Tasikmalaya yang mulai menarik perhatian para pelancong. Nama pantai ini pun mulai ramai jadi perbincangan para netizen di media sosial. Terletak kurang lebih 75 km dari pusat kota Tasikmalaya ke arah selatan, Pantai Sindangkerja di Kecamatan Cipatujah memiliki garis pantai yang indah dipandang mata.

6. Ampera Waterpark
Kolam Renang Ampera Waterpark beralamat di Jl. Raya Cibeureum No.217, Pamoyanan, Ciawi, Tasikmalaya. Wahana wisata kolam renang yang di-launching pada tanggal 10 Agustus 2017 tersebut kini jadi favorit kunjungan wisatawan dan para pengguna jalan jalur selatan. Tak heran bila weekend, musim liburan, atau saat mudik Kolam Renang Ampera Waterpark biasa dipenuhi pengunjung.

7. TeeJay Waterpark
Lokasi TeeJay Waterpak terhitung mudah dijangkau, persisnya di kawaan Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya. Lokasinya berada di belakang pusat perbelanjaan Asia Plaza. Selain jalur Bandung - Ciwi, Anda juga bisa menyambangi TeeJay Waterpak lewat rute Garut - Singaparna. Tempat wisata air yang sudah berdiri sejak 2011 ini menghadirkan berbagai fasilitas permainan air seperti kolam ombak yang menyediakan enam tipe ombak yang berbeda, kolam arus, kolam anak, kolam dewasa, menara water slade, dan beberapa permainan air lainnya.

8. Tonjong Canyon
Namanya Tonjong Canyon kini ngehits di medsos karen pesona keindahannya. Wisata alam ini berlokasi di Kp. Tanjungsari Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kab. Tasikmalaya. Untuk menuju lokasi dibutuhkan waktu sekitar 2 - 3 jam dari Tasikmalaya Kota atau jarak tempuh sekitar 83 km.

Di dasarnya, ada aliran Sungai Tonjong berwarna kehijauan yang mengalir tenang sejauh 60 meter. Untuk dapat menuju ke bawah, Anda harus menuruni ngarai. Hati-hati, sebab tanpa diguyur hujan pun kontur ngarai yang menurun ini terbilang cukup licin.

Rute ke Tonjong Canyon: Tasikmalaya Kota - Jln. Raya Karangnunggal - pertigaan Karang - Pamijahan - ke kiri menuju Jl. Raya Cipatujah - pertigaan belok kanan - Cintabodas / Culamega - ada TK Nurul Insan belok kiri -  ada jalan menyempit hanya cukup untuk kendaraan roda dua - titip motor di perumahan warga -  berjalan kaki ke Tonjong Canyon (perjalanan sekitar 500 meter).

9. Curug Ciwatin
Curug ini berada di Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Dilansir dari wisatakotabanjar.com, air terjun ini memiliki klasifikasi sebagai air terjun bertipe Slide Waterfall, Horsetail Waterfall, serta Block Waterfall.

Dinding Curug Ciwatin cukup landai dengan jatuhan air yang terus mempertahankan kontak dengan dinding air terjun. Jenis batu yang ada hampir semuanya berupa kerikil dan kerakal. Aliran Sungai Ciwatin memiliki beberapa cekungan berarus tenang, sehingga menjadi seperti kolam-kolam kecil di tengah sungai.

Lihat juga:
Direktori Tempat-Tempat Wisata Pilihan

10. Curug Agung Galunggung
Curug Agung Galunggung dengan konsep penataan yang unik ini menyajikan Rainbow Light. Aliran air terjun begitu indah di malam hari dengan sajian warna-warni. Di sini pun ada dek untuk gardu pandang dimana wisatawan bisa menyaksikan pemandangan kota Tasikmalaya dari ketinggian. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter.

Bila Anda ingin mengunjungi air terjun ini,  setelah masuk area wisata Gunung Galunggung di lanjutkan sampai di persimpangan jalan  dengan poster yang mengarahkan lokasi objek wisata yang berada di jalan sebelah kiri.