Informasi

Kadisdik Kota Bandung Monitoring Pelaksanaan USBN SMP




Kadisdik Kota Bandung Elih Sudiapermana

Di hari pertama kegiatan USBN SMP, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana, melaksanakan monitoring ke sekolah di Wilayah Ciroyom. Sekolah yang dikunjungi diantaranya: SMPN 23, SMPN 41 dan SMPN 32.

Kedatangan Kadisdik disambut baik oleh Kepala SMPN 23 Erni Kustiani, Kepala SMPN 41 Tedja Sukmana dan Kepala SMPN 32 Yooke Kusdaryanti. Didampingi Kepsek dan beberapa panitia USBN Kadisdik berkeliling ruangan untuk memantau kegiatan USBN SMP tersebut. Kegiatan USBN di hari pertama berjalan lancar, loading lama ketika pelaksanaan hanya kendala kecil yang bisa segera teratasi oleh teknisi dan proktor.

Sistem USBN di sekolah ini memang telah menggunakan moda SaKoja. Anak mengerjakan soal yang terdapat dalam sistem. Setiap anak mengerjakan soal yang berbeda. Dan untuk login menggunakan password yang berbeda pula.

Berikut adalah Jadwal USBN SMP 2018:
1. Senin, 9 April 2019 Bahasa Indonesia dan TIK
2. Selasa, 10 April 2018 PKN dan Bahasa Sunda
3. Rabu, 11 April 2018 Matematika dan PJOK
4. Kamis, 12 April 2018 IPA dan Seni Budaya
5. Jumat, 13 April 2018 IPS
6. Senin, 16 April 2018 Pendidikan Agama dan Bahasa Inggris

Soal terdiri dari 40 PG dan 5 Esey. PG dikerjakan langsung di aplikasi yang dimaksud. Sementara essay dikerjakan secara manual, di lembar jawaban terpisah.

Hasil pantauan di SMPN 23 terdapat 8 ruangan yang dipakai USBN, di SMPN 41 terdapat 5 ruangan dan terdiri dari 2 shift (5 ruangan di pagi hari dan 5 ruangan di siang hari). Sementara di SMPN 32 terdapat 8 ruangan yang dipakai USBN.

Saat kunjungan ke SMPN 41, Kadisdik menyempatkan diri ke ruang perpustakaan. Melihat beberapa buku yang berderet. “Sebaiknya buku sastra diperbanyak lagi, untuk memotivasi anak dalam hal gemar membaca,” tutur Kadisdik. *(Niradea – Disdik Bandung )