Susunan Dewan Pendidikan Jawa Barat 2017-2022





Dewan Pendidikan Jawa Barat 2017-2022

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengukuhkan Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Barat Periode 2017-2022. Acara pengukuhan tersebut dilaksanakan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro nomor 22, Kota Bandung, Senin (5/3/2018).  Pengukuhan Dewan Pendidikan berdasar pada UU No. 17 tahun 2010.

Dalam undang-undang Nomor 17 Tahun 2010, fungsi dan tugas Dewan Pendidikan dijelaskan dalam pasal 192 ayat 2 sampai 4, berbunyi “(2) Dewan pendidikan berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi, dan Kabupaten/Kota. (3) Dewan pendidikan menjalankan fungsinya secara mandiri dan profesional. (4) Dewan pendidikan bertugas menghimpun, menganalisis, dan memberikan rekomendasi kepada Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota terhadap keluhan, saran, kritik, dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan.”

“Kita berharap dengan hadirnya Dewan Pendidikan, dharapkan akan selalu memantau, melihat, mempelajari lingkungan sekitar pendidikan dengan kepakaran yang para anggotanya. Tentu tidak salah, kalau memberikan masukan hingga pada kurikulum, jika kurikulum dirasakan tinggi sedangkan ruang untuk pembentukan karakternya dirasa kurang, saya kira wajar kalau Dewan Pendidikan tingkat provinsi memberikan masukan-masukan tidak hanya untuk regulator dengan provinsi, para kepala sekolah, tapi juga berlaku sebagai saran untuk regulator dengan pusat,” papar Gubernur.

Anggota Dewan Pendidikan Jawa Barat periode 2017-2022 terdiri atas para pakar pendidikan, antara lain dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Pertanian Bogor,juga Universitas Pasundan. Ada juga wakil dari persatuan guru, PGRI, sekolah swasta, komite sekolah, pengawas, serta dunia usaha.

Berikut ini 15 Dewan Pendidikan Jawa Barat periode 2017-2022:
1. Prof. Dr. Ir. Wisnu Cahyadi, M.Si (Ketua)
2. Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.Pd.,M.H.,M.Si (Sekretaris)

Anggota:
3. Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad
4. Prof. Dr. Ir Denny Juanda P, DEA
5. Prof. Dr. Endang Komara, M.Si
6. Dr. Rahman Mulyawan, M.Si
7. Dr. Brian Yuliarto, M.Eng
8. Dr.  H Edi Permadi, M.M.Pd
9. Drs. H Bambang Sutrisno, SE.,MM
10. Drs. H Bambang Haryono, MM
11. Iwan Hermawan, S.Pd.,MM
12. Ir.  H Iwan Laksana
13. Juli Wahyu Pari Dunda, S.Pd.,M.Si
14. Drs. Dodo Sudrajat, M.M.Pd.
15. Dr. Ganjar, M.Pd.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS