Informasi

Disdik Kota Bandung Gelar Training of Trainer Program Sekolah Sehat




Training fot Trainer Disdik Kota Bandung

Kepala Bidang Pembinaan dan pengembangan Sekolah Dasar Supardi, berkenan membuka acara pada kegiatan Training of Trainer Program Sekolah Sehat. Acara berlangsung di Aula Wisma PKBI, Jalan Soekarno Hata No. 520 Batununggal Kota Bandung pada hari Rabu, 28 Maret 2018. Ada pun kegiatan ini terjalin atas kerjasama tim ICSD (Institute for Civil Society Development) Foundation bersama PT Unilever Indonesia.

Dalam sambutannya Supardi menyatakan apresiasi yang sebesar besarnya kepada jajaran tim dari ICSD dan PT Unilever Indonesia yang telah memfasilitasi kegitaan ini. Harapannya agar anak didik itu sehat jasmani dan rohani. Pendidikan yang sehat adalah pendidikan yang tidak hanya memikirkan masalah kurikulum saja, namun juga masalah kesehatan. Karena sejatinya pendidikan itu tidak hanya melibatkan pembelajaran semata namun juga perilaku bersih dalam kehidupan sehari hari. Perihal kebersihan bukan hanya tanggung jawab pesuruh saja namun tanggung jawab semua sekolah pun anak. Contohnya dapat memberi pelajaran pada anak agar mampu memilih dan memilah sampah mana yang termasuk organik dan nonorganik.

Hadir dalam kesempatan tersebut: Direktur ICSD Foundation Deny Rusyniadi, PT Unilever Indonesia, Ratu Mirah Afifah serta 98 kepala sekolah sebagai peserta yang terdiri dari 60 Kepala Sekolah negeri dan 38 Kepala Sekolah Swasta

Info lainnya seputar Disdik Kota Bandung LIHAT DI SINI

Direktur ICSD Deni Rusyniadi di hadapan para peserta menyebutkan salah satu alasan menyelenggarakan kegiatan ini. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, sekolah yang telah melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) hanya 22,5 % dari target 65% di tingkat nasional. Rendahnya cakupan ini berdampak terhadap rendahnya kehadiran siswa ke sekolah. Rencananya di tahun ini, ICSD bersama PT Unilever Indonesia membantu mewujudkan sekolah sehat melalui pendekatan perubahan perilaku khususnya 7 pembiasaan sehat di 7 Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Barat salah satunya Kota Bandung.

Para peserta yang hadir menyimak beragam materi yang berbeda dari narasumber, diantaranya:
1. Kesehatan gigi dan mulut
2. Cuci tangan pakai sabun
3. Sarapan bernutrisari
4. Air aman
5. Manajemen Bank sampah
6. Toilet higienis dan
7. Gerakan 3M plus *(Niradea – Disdik Bandung