Informasi

Disdik Kota Bandung Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Akreditasi SMP 2018




Sosialisasi Akreditasi SMP Kota Bandung

Pada Kamis, 15 Maret 2018, sebanyak dua ratus orang, terdiri dari 57 Kepala SMP Negeri dan 143 Kepala SMP Swasta hadir di Hotel Oasis. Jln. Lombok No 10, Bandung. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Akreditasi Tingkat SMP Tahun Anggaran 2018.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang PPSMP Hadiana Soeriaatmadja. Akreditasi merupakan sebuah pengakuan resmi dari Badan Akreditasi kepada suatu lembaga atau sekolah tertentu. Nantinya lembaga akan mendapatkan pemeringkatan hasil akreditasi:
1. Peringkat akreditasi A (Unggul). Jika Sekolah/Madrasah memperoleh nilai akreditasi (NA) sebesar 91 sampai dengan 100 (91 ≤ NA ≤ 100)
2. Peringkat akreditasi B (Baik), jika sekolah/madrasah memperoleh nilai akhir akreditasi (NA) sebesar 81 sampai dengan 90 (81 ≤ NA ≤ 90)
3. Peringkat akreditasi C (Cukup Baik), jika sekolah/madrasah memperoleh nilai akhir akreditasi (NA) sebesar 71 sampai dengan 80 (71 ≤ NA ≤ 80)
4. Sekolah tidak terakreditasi, jika mendapatkan NA :
a. 61 sampai dengan 70 (61 < NA < 70), dengan peringkat akreditasi D (kurang)
b. 0 sampai dengan 60 (0 < NA < 60) dengan peringkat akreditasi E (Sangat kurang).

Pemateri adalah tim dari UPA (Unit Pelaksana Akreditasi) Kota Bandung, diantaranya:
1. Drs. Eddy Priyadi, M.Si – Instrumen Akreditasi
2. Dr. H. Undi Yusro, M.Pd – Akreditasi Bermutu
3. Drs. Dadang Hendrana, M.MPd – Pos Akreditasi
4. Drs. Dedi Sumiadi, M.Pd – Sispena.

Hadiana Soeriaatmadja dalam paparannya mengharapkan semoga dengan kegiatan akreditasi mampu memunculkan sekolah sekolah yang semakin berkualitas, terpenuhinya delapan Standar Pendidikan Nasional. Dan yang lebih penting bahwa akreditasi bukan semata mata melakukan ceremonial berlebihan, namun yang penting bagaimana dalam kesederhanaan mampu menghasilkan hal yang berkualitas.*(Niradea – Disdik Bandung)