Informasi

5000 Peserta Meriahkan Pawai Obor Peringatan Bandung Lautan Api




Pawai Obor Bandung Lautan Api 2108

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Mia Rumiasari mempimpin Apel Pelepasan Pawai Obor Bandung Lautan Api ke - 72 Tahun 2018 di Lapang Tegalega, Bandung, Jumat (23/03/2018). Tahun ini Pemerintah Kota Bandung mengusung tema "Dengan Semangat Juang Bandung Lautan Api Guna Mewujudkan Bandung Juara Menuju Pilkada Serentak Tahun 2018".

Sekitar 5000 peserta pawai obor semarakan beberapa jalan di Kota Bandung. Para peserta yang terdiri dari siswa siswi SMP/MTs, SMA/SMK Negeri dan Swasta ini berjalan membawa obor melalui beberapa rute, diawali dari Tegalega pintu Timur lalu menuju Moh.Toha, Dewi Sartika, Dalem Kaum, Alun-Alun Timur, Asia Afrika, Banceuy, Braga, Suniaraja, Viaducth, Perintis Kemerdekaan dan berakhir di Balai Kota jalan Wastukencana.

Ini adalah satu bentuk apresiasi masyarakat Kota Bandung mengenang peristiwa Bandung Lautan Api yang mana pada tanggal 23 Maret 1946 penduduk Kota Bandung meninggalkan serta membakar rumahnya dalam waktu 7 jam untuk mencegah tentara sekutu dan tentara NICA Belanda yang ingin menjadikan Kota Bandung sebagai tempat strategis untuk dijadikan Markas Militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Dalam arak-arakan pawai obor tersebut beberapa peserta menjadi pusat perhatian karena memang dalam pawai obor ini ada beberapa kategori yang dilombakan diantaranya: Lomba Kostum, Maskot, Yel-Yel dan Lomba Lampion. Sehingga mereka antusias mengikuti kegiatan ini dengan memberikan penampilan terbaiknya.

Setiba di Balai Kota pasukan pawai obor disambut penampilan meriah persembahan dari beberapa komunitas Kota Bandung. Dan di penghujung acara Penyulutan Obor Bandung Lautan Api 2018 dilakukan oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata dengan didampingi para Pejabat Bandung dan para Veteran. *(AMF-Scars Disdik Kota Bandung)