Informasi

Pemerintah Optimalkan Siswa SMK Siap Bersaing di Kancah Global




SMK jurusan jaringan komputer

Sejak diluncurkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015, seluruh negara di Asia Tenggara memosisikan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (Technical and Vocational Education and Training / TVET)) sebagai fokus utama dalam sistem pendidikan dan menjadikannya sebagai prioritas pendidikan. Selain itu TVET juga diidentifikasi sebagai satu dari tujuh area prioritas pendidikan di Asia Tenggara yang disepakati pada forum Strategic Dialogue of Education Ministers (SDEM) pada September 2014.

The 2nd High Officials Meeting (HOM) on SEA-TVET yang diselenggarakan oleh Kemendikbud di Bali pada bulan Mei 2016, dan the 3rd HOM on SEA-TVET yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia di Kuala Lumpur pada bulan Mei 2017, menyepakati bahwa penting untuk mempersiapkan strategi regional dengan meningkatkan keahlian Abad 21, kemampuan bersaing secara global, inovasi dan kreatifitas siswa vokasi. Hal itu akan dibutuhkan oleh tenaga muda di Asia Tenggara untuk peningkatan pengetahuan dan kompetensi yang akan digunakan dalam karir mereka di masa depan.

Sea Creative Camp
Dalam merespons beberapa arah kebijakan regional dan rekomendasi dari para pejabat tinggi tersebut, Direktorat PSMK bekerjasama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organizations (SEAMEO) akan menyelenggarakan the SEA CREATIVE CAMP: Future Careers for Youths (SEA CC) pada tanggal 6-12 Mei 2018, di NTB bersamaan dengan penyelenggaraan LKS 2018.

SEA CC akan dilaksanakan berbarengan dengan LKS 2018 pada tanggal 6-12 May 2018 di Lombok, NTB. Program ini akan berfokus pada 5 bidang industri: (1) Entrepreneurship, (2) Multimedia (AR) and Game Development, (3) Animation/Line, (4) Urban Agriculture, dan (5) Modern Hospitality and Online Business. Peserta dari SEA CC ini adalah siswa siswi terpilih dari 11 negara Asia Tenggara, guru, dan para pengusaha muda berusia 15-21 tahun.

Tujuan utama dari pelaksanaan program ini adalah untuk mempersiapkan siswa siswi vokasi dengan kemampuan kewirausahaan, teknologi, dan pembekalan kompetensi lainnya. Selain itu juga untuk memacu kreatifitas, ide dan projek inovatif siswa dalam rangka mempersiapkan mereka dalam persaingan di masa yang akan datang. Setiap peserta dapat bergabung dalam program ini tanpa dipungut biaya.

Online training
Sebelum pelaksanaan event SEA CC pada bulan Mei 2018, akan dilaksanakan online training sebagai pembekalan peserta pada periode Februari-April 2018 yang meliputi 5 materi training:
- Kewirausahaan (oleh SMA Selamat Pagi, Indonesia) 
- Multimedia (AR) dan Game Development (oleh SEAMEO Secretariat, SEAMEO SEAMOLEC, dan SEAMEO Biotrop)
- Animation/Line (oleh Dit PSMK dan SEAMEO SEAMOLEC)
- Urban Agriculture (oleh SEAMEO BIOTROP)
- Modern Hospitality dan Online Business (oleh SEAMEO SEAMOLEC)

Pendaftaran untuk mengikuti pelatihan online tersebut dibuka hingga 25 Januari 2018. Semua hasil produk pelatihan yang dihasilkan peserta akan dikompetisikan di akhir masa online training. Pemenang akan menerima hadiah berupa uang tunai, sertifikat, dan undangan untuk mengikuti program SEA CC di Lombok pada bulan Mei 2018.