Informasi

Daya Tampung Mahasiswa Baru Unpad di SNMPTN dan SBMPTN 2018





Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir telah meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 pada Jumat, 12 Januari 2018 lalu di Auditorium Utama Kemenristekdikti Jakarta. Untuk pendaftaran SNMPTN dibuka pada 21 Februari s.d. 6 Maret 2018. Pengumuman hasil seleksi pada 17 April 2018.

Berikut ini informasi seputar penerimaan mahasiswa baru Universitas Padjadjaran (Unpad) jalur SNMPTN dan SBMPTN 2018:

1.  Kuota mahasiswa baru Unpad tahun 2018
Unpad akan menerima 2.292 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan 4.433 mahasiswa dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun akademik 2018/2019. Untuk tahun ini, persentase alokasi daya tampung kedua jalur sebesar 30 persen untuk SNMPTN dan 70 persen untuk SBMPTN. Sedangkan, calon mahasiswa sarjana terapan atau diploma IV hanya dibuka jalur tes mandiri. Sementara pada tahun 2017 lalu, Unpad menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana sebanyak 5.900 orang, yakni 40% melalui jalur SNMPTN dan 60% dari jalur SBMPTN.

2. Program Sarjana Terapan dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU)
Sebanyak 51 program studi dibuka untuk pendaftaran SNMPTN. Sementara di jalur SBMPTN dibuka pendaftaran untuk 59 program studi. 8 program studi tambahan di SBMPTN merupakan program studi Sarjana Terapan/Diploma IV serta 2  program studi baru yang akan dibuka tahun ini, yaitu Bisnis Digital dan Aktuaria.

3. Jalur seleksi mandiri
Untuk program Sarjana Terapan dan PSDKU tahun ini tidak ada seleksi mandiri. Seleksi seluruhnya dilakukan melalui jalur SBMPTN.

4. Mekanisme pendaftaran program studi PSDKU Pangandaran dan Garut
Adapun untuk mekanisme pendaftaran program studi PSDKU Pangandaran dan Garut, peserta tinggal mendaftar ke program studi sarjana regulernya. Misalnya, ketika ingin mendaftar di program studi Peternakan di PSDKU Pangandaran, peserta tinggal memilih program studi Peternakan Unpad. Selanjutnya akan keluar opsi pendaftaran untuk Peternakan reguler atau Peternakan PSDKU.Begitu pula dengan Keperawatan, di mana prodinya dibuka di Jatinangor, Pangandaran, dan Garut. Nanti ada tiga opsi pendaftaran.