Informasi

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Soroja dan Tinjau Proyek Danau Retensi Cieunteung




Jokowi resmikan jalan tol Soroja

Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan penggunaan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) Senin (4/12/2017).  Dalam rangka meresmikan jalan tol di Kabupaten Bandung tersebut, Presiden juga menjajal bus Persib Bandung. Skuat Persib memang diminta ikut menghadiri peresmian Tol Soroja. Presiden pun sempat berfoto bersama beberapa pemain Persib seperti M Natshir, Imam Arief Fadhilah, Jajang Sukmara, Henhen Herdiana, Tantan, Wildansyah, Gian Zola, dan Atep.

Peresmian yang dipusatkan di Gerbang Tol Soreang tersebut ditandai dengan penekanan sirine bersama-sama dengan Menteri BUMN RI Rini Soemarno, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser dan pejabat penting lainnya. Sebelum diresmikan, Tol Soroja telah melalui uji kelayakan dari Tim Laik Fungsi dari Kementerian PUPR, Kemenhub dan Korlantas pada tanggal 16-17 November 2017.

Jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp. 1.765 triliun tersebut akan memangkas waktu tempuh dari Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung hanya 10-15 menit saja. Tol Soroja terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi melalui persimpangan (inter-change) di KM 132.

Kehadiran Tol Soroja sebagai tol dalam kota akan mendorong pertumbuhan kawasan permukiman, perindustrian dan menggerakkan perekonomian di Kabupaten Bandung dan sekitarnya. Tol Soroja sendiri terbagi dalam dua seksi. Seksi I yakni ruas Simpang Susun Pasirkoja–Simpang Susun Margaasih sepanjang 2,75 km. Seksi II, yakni ruas Simpang Susun Margaasih–Simpang Susun Katapang sepanjang 3,3 km serta ruas Simpang Susun Katapang–Soreang 2,1 km.

Setelah peresmian Tol Soroja, sekitar pukul 14.00 WIB Presiden Jokowi meninjau pembangunan Kolam Retensi di Kawasan Cieunteung, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Danau retensi ini sebagai upaya pencegahan banjir di Bandung Selatan Pembangunan Kolam Retensi direncanakan akan selesai tahun ini dan pada 2018 akan dimulai pembangunan terowongan. Selain itu, penanganan banjir kawasan Sungai Caitarum ini juga akan dilakukan normalisasi di empat anak sungai.