Informasi

Penyuluhan Pemilu Tingkat Kota Bandung Tahun 2017




Penyuluhan Pemilu Tingkat Kota Bandung Tahun 2017

Pilkada merupakan bagian dari proses demokrasi untuk menghasilkan pemimpin yang terbaik melalui mekanisme pemilihan langsung oleh rakyat. Melalui pilkada, setiap warga negara dapat memenuhi hak politiknya, menentukan pilihan sosok yang sesuai dengan hati nurani.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto pada acara Penyuluhan Pemilu Tingkat Kota Bandung Tahun 2017 di Arion Swiss Belhotel, Kamis (7/12/2017).

Lanjutnya, untuk keberlangsungan pilkada yang sukses maka diperlukan kelembagaan penyelenggara yang profesional, independen dan berintegritas. Hal tersebut bertujuan agar pilkada sukses dan masyarakat bisa mendapatkan hak politiknya yang sesuai.

"Untuk keberlangsungan pilkada yang sukses maka kita wajib memberikan sosialisasi maupun penyuluhan. Lebih baik setiap unsur kewilayahan kita berikan agar ketika pilkada serentak dilaksanakan masyarakat sudah paham,"ujarnya.

Ditambahkan Yossi, Pemerintah pun memiliki peran penting dalam menjalankan pilkada. Diantaranya menyediakan ruang sekretariat, penyediaan personel yang sesuai, pelaksanaan sosialisasi, monitoring penyelenggaraan dan sebagainya.

"Hal itu penting dilakukan agar pilkada 2018 sukses,"tegasnya.

Yossi berharap situasi politik dan keamanan harus bisa stabil. Karena hal itu merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah negara.

Saya sangat berharap srapa proses pilkada di kota Bandung tetap stabil hingga saatnya pemilihan nanti,"ujar Yossi.

Sementara itu menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyampaikan, Penyelenggaraan sosialisasi sekaligus penyuluhan pilkada serentak pada tahun 2018 merupakan upaya untuk mengajak komponen dan elemen masyarakat agar berpartisipasi aktif mensukseskan penyelenggaraan pilkada.

Dirinya menghimbau khusus warga Bandung yang telah mempunyai KTP berumur 17 tahun, untuk datang melaksanakan pemilihan kepala daerah pada waktunya.

"Saatnya kita berikan kontribusi kepada negara untuk memilih pemimpin di masa yang akan datang. Hal ini membuktikan bahwa kita sebagai masyarakat juga ikut serta mensukseskan Pilkada 2018,"ujar Hikmat.

Dirinya berharap setelah dilakukan sosialisasi maupun penyuluhan, partisipasi masyarakat kota Bandung lebih baik untuk menghadapi pilkada.

"Tugas kita mensosialisasikan para peserta yang hadir ikut sosialisai. Kita harap dari kegiatan ini, peserta bisa kembali memberikan edukasi mengenai hak warga negara dalam pilkada tersebut,"pungkasnya.