Informasi

TBM Cigending Membaca, Menggiatkan Budaya Literasi Masyarakat




Peresmian TBM Cigending Membaca

Pada Sabtu,  25 November 2017 Taman bacaan masyarakat TBM Cigending Membaca diresmikan. Kegiatan ini didukung oleh konglomerasi MUFg yang terdiri dari General Manager of Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ; Jakarta Branch Mr Yusuke Katsuke;  Deputy General Manager of Bank of Tokyo Mitsubisi UFJ;  Jakarta Branch  Mr Yoshinori Sodeoka; President Director Bank Nusantara Parahiyangan; Mr Eiichiro Sakai President Director; dan MU Research and Consulting Indonesia Mr Toshiya.

Bantuan CSR
Berdirinya Taman Bacaan Masyarakat ini adalah kolaborasi program dan juga tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR Bank BNP. Setelah melalui proses dan penjaringan dari pihak CSR perusahaan, terpilihlah TBM dari Kelurahan Cigending. Pendirian TBM ini juga didukung sepenuhnya oleh pemerintah kewilayahan. Salah satunya, bantuan lahan gedung dan bangunan untuk direnovasi dan juga dibangun menjadi sebuah Taman Bacaan Masyarakat.

Momentum ini diharapkan menjadi awal kerja sama yang baik kedepannya. Juga bukan hanya seremonial kepentingan perusahaan terhadap masyrakat saja. Namun, program ini pun diharapkan bisa memberikan sebuah manfaat yang positif dan berkelanjutan. Hal ini melihat kondisi masyrakat yang sampai saat ini masih sangat kurang minat bacanya.

"Mudah-mudahan dengan dibuatnya sebuah fasilitas berupa TBM ini bisa memicu peningkatan  minat baca masyarakat. Dalam hal ini guna membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di kewilayahan," kata  Oki selaku Ketua TBM Cigending membaca.

Gerakan literasi masyarakat
Taman bacaan masyarakat ini, tamab Oki, diharapkan akan menjadi sebuah gerakan yang positif di kewilayahan. TBM  ini tidak hanya memberikan fasilitas atau tempat bacaan  saja untuk masyarakat. Nantinya, juga akan dilaksanakan gerakan-gerakan literasi seperti lomba membaca, lomba menulis, lomba baca puisi, lomba mewarnai, bedah buku, serta melakukan  sosialisasi-sosialisai pentingnya membaca bagi peningkatan sumber daya manusia. dimana buku adalah sumber ilmu.

Kegiatan ini pula tidak lepas dari dukungan Rumah Baca Ujungberung yang di kelola oleh Santi Susilawati yang turut andil dalam memeriahkan acara peresmian TBM Cigending Membaca ini