Newsticker

Inilah Cara Pengajuan Kredit Bangun Keluarga Sejahtera (Bagja) Kota Bandung




Cara pengajuan Kredit Bagja Kota Bandung

Kota Bandung terus berusaha untuk meningkatkan produktivitas warganya dalam urusan ekonomo. Bila sebelumnya sudah ada Kredit Melati dan Kredit Mesra, kini PD BPR Kota Bandung mengeluarkan beragam program untuk membantu masyarakat dimana yang disasar adalah ibu-ibu. Program tersebut adalah Kredit Bangun Keluarga Sejahtera (Bagja) yang diberikan pada ibu-ibu di kewilayahan.

Program baru tersebut diluncurkan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menghadiri acara Temu Kader Posyandu 2017 di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Senin (13/11/2017). Ridwan Kamil mengungkapkan dengan Kredit Bagja warga khususnya ibu-ibu bisa mengajukan pinjaman melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Baca juga:
Cara Pengajuan Kredit Melati Kota Bandung

Berikut ini informasi dan cara pengajuan Kredit Bangun Keluarga Sejahtera (Bagja):

1. Dikeluarkan oleh PD BPR Kota Bandung
Kredit Bagja adalah salah satu produk Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Kota Bandung, terkait fasilitas kredit usaha bagi anggota atau binaan PKK Kota Bandung. Untuk memperlancar pelaksanaan program Kredit Bagja ini, PD BPR Kota Bandung menyiapkan dana sebeesar Rp25 milyar.

2. Plafon dan waktu pinjaman
Plafon yang diberikan kepada pemohon adalah berkisar antara Rp1 juta hingga Rp3 juta dengan jangka waktu 12 bulan.

3. Sasaran Kredit Bagja
Sasaran dari Kredit Bagja ini adalah anggota atau binaan PKK Kota Bandung.

4. Persyaratan
Selain ada fotokopi KTP, KK juga harus ada rekomendaasi dari ketua TP PKK kecamatan. Pengajuan kredit Bagja ini tidak akan tumpang tindih dengan kredit mikro lainnya karena satu orang tidak boleh mengajukan lebih dari satu kredit. Kecuali kalau satu keluarga, dua orang dalam satu KK yang sama diperbolehkan mengajukan kredit yang berbeda. Tapi kalau orangnya sama tidak boleh mengajukan kredit mikro lagi, walaupun jenis kreditnya berbeda.

5. Cara pengajuan
Setelah berkas pengajuan dinyatakan lengkap oleh PD BPR dan proses BI checking, maka kredit akan diproses dalam 24 jam. Pengajuan bisa dilakukan per kelompok maupun perorangan. Sama dengan produk kredit mikro lainnya, Kredit Bagja juga tidak dikenakan bunga, hanya ada biaya administrasi sebesar 8 persen.

6. Pelayanan
PD BPR Kota Bandung sendiri sudah menyiapkan 30 orang teller keliling untuk melayani masyarakat pemohon pembiayaan di 30 kecamatan. Mereka yang nantinya akan menjelaskan produk kredit mikro kepada masyarakat baik itu Kredit Melati, Kredit Mesra, maupun Kredit Bagja. Mereka juga yang akan menjemput aplikasi atau draft permohonan hingga tahapan menjemput angsuran.

PD BPR Kota Bandung
Jln. Naripan, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung
Telepon: (022) 4203778
Webs: http://www.pdbprkotabandung.com