Informasi

Film "Mau Jadi Apa?', Sisi Lain Romantika Mahasiswa di Jatinangor




Sinopsis Film Mau Jadi Apa

Jatinangor, sebuah kawasan pendidikan yang tak jauh dari perbatasan Bandung - Sumedang. Bagi yang pernah kuliah di Universitas Padjadjaran "cabang" Jatinangor, kawasan ini mungkin menyimpan tersendiri. Entah itu Jembatan Cingcin yang legendaris peninggalan era kolonial; ojek yang setia mengantar para mahasiswa dengan berburu penumpang di Pangdam (Pangkalan Damri) dekat kampus Unwim; Gunung Geulis di sebelah timur nan ikonik dengan pohon besar di puncaknya; Gunung Manglayang yang berdiri gagah di sebelah utara Unpad; kos-kosan dan asrama mahasiswa; tempat kemping Kiarapayung; Polsek Jatinangor; atau suasana gersang yang bisa dirasakan saat para mahasiswa jalan kaki atau naik omprengan dari gerbang Unpad ke fakultas masing-masing.

Nah, bagi yang ingin merasakan suasana Jatinangor dengan segala kenangan di dalamnya, film yang dibesut Soleh Solehun ini bakal membawa kenangan Anda pada Unpad era akhir '90an. Film ini mengambil setting di kawasan Jatinangor, khususnya di kampus Fakulitas Ilmu Komunikasi (Fikom) yang bertetanggaan dengan Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) Unpad. Para pemainnya pun ada yang diperankan oleh para alumni Unpad, yakni Soleh Solehun sendiri dan Ronal Surapradja yang lulusan Fikom, Joe P Project (alumnus Jurusan Sejarah Fakultas Sastra), komika Uus (alumnus Sastra Inggris).

Sinopsis Film "Mau Jadi Apa?"
Film yang bakal mulai tayang 30 November 2017 ini mengisahkan masa tahun 1997 dimana Soleh Solehun lolos UMPTN diterima di Universitas Padjadjaran. Soleh pun mengalami masa dimana harus turun ke jalan buat demo menuntut Soeharto mundur yang dikenal dengan era Reformasi tahun 1998.

Namun kondisi kampus yang gersang dan lokasinya yang jauh dari mana-mana, membuat Soleh jadi meragukan pilihannya. "Ngapain sih gue di sini? Mau jadi apa nantinya?" bergolak dalam hati Soleh. Bersama teman-temannya yang sama galaunya Lukman (Boris Bokir) si jago gambar; Marsye (Adjis Doa Ibu), si hopeless romantic yang selalu sial; Eko (Aweee), si penggila musik yang doyan nyela; dan lainnya.

Soleh akhirnya mendirikan sebuah majalah kampus alternatif. Mengangkat hal-hal ringan seperti musik, film, olahraga dan gosip percintaan antar mahasiswa, majalah itu mereka beri nama Karung Goni, kependekan dari 'Kabar, Ungkapan, Gosip dan Opini'. Mengelola Karung Goni tidaklah mudah. Soleh dan gengnya harus menghadapi cibiran dari anak-anak Fakta Jatinangor, majalah super serius yang lebih dulu mendominasi kampus, yang dipimpin oleh si arogan Panji (Ronal Surapradja).  Kisah asmara pun nebeng di hati Soleh, ia ngeceng Ros (Aurelie Moeremanis), Slanker cantik yang telah membuatnya mabuk kepayang sejak ospek.

Film ini disutradarai langsung oleh Soleh Solihun bersama dengan Monty Tiwa. Film ini diadaptasi dari novel karya Soleh yang diangkat dari kisah pribadinya dalam menempuh pencarian jati diri. Soleh Solihun sendiri adalah salah satu stand up comedian papan atas di Indonesia yang mengawali kariernya menjadi seorang wartawan.

Penasaran dengan gambaran filmnya? Lihat aja trailernya di Youtube.

Pemain Mau Jadi Apa?
Soleh Solihun, Anggika Bolsterli, Aurelie Moeremans, Boris Bokir, Adjisdoaibu, Awwe, Ricky Wattimena, Ronald Surapradja, Tike Priatnakusumah, Poppy Sovia, Aci Resti, Surya Saputra, Gading Marten, Andhika Pratama, Uus, Ernest Prakasa, Putri Marino, Ridwan Remin, Budi Dalton, Joe P Project, Hetty Koes Endang dll.