Newsticker

Program Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (Kekasih Juara) Resmi Diluncurkan




Launching Kekasih Juara Bandung

Program Kendaraan Konseling Silih Asih Juara (Kekasih Juara) telah diresmikan pada Kamis (28/09/2017) pagi di Taman Dago Cikapayang Bandung oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil beserta jajarannya. Program yang diinisiasi Pemkot Bandung melalui Dinas Kesehatan Kota Bandung ini merupakan hasil kolaborasi dengan institusi pemerintah beserta komunitas masyarakat, khususnya di bidang kesehatan fisik dan jiwa.

Meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat
Program Kekasih Juara ini bertujuan untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Kota Bandung dengan menekan pengaruh emosi negatif melalui beragam konseling. Program ini sejalan dengan harapan Pemkot Bandung, yakni melakukan pembangunan yang sinergis dari aspek fisik dan mental warganya.

“Tujuan pembangunan kota tidak hanya fisik, tapi juga batinnya. Inilah yang memotivasi munculnya program Kekasih Juara,” ujar Walikota Bandung, Ridwan Kamil dalam sambutannya di acara launching Program Kekasih Juara.

Ada enam jenis konseling yang difasilitasi melalui program ini, yaitu konseling masalah anak dan remaja, konseling psikologi, konseling religi, konseling seputar kesehatan reproduksi, konseling ASI, dan konseling berhenti merokok.

Jadwal dan lokasi layanan Kekasih Juara
Warga yang ingin mendapatkan konseling bisa langsung mengunjungi mobil Kekasih Juara yang akan berada di sekitar Taman Dago Cikapayang, Taman Dewi Sartika, dan di Taman Lansia setiap hari Minggu. Mobil ini akan mulai beroperasi dari pukul 07.00-10.00 WIB.

“Kita baru memiliki tiga unit Kekasih Juara yang akan beroperasi selama 3 jam setiap minggu dalam masa uji coba,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Rita Verita yang turut hadir meresmikan program ini.

Program Kekasih Juara ini merupakan layanan gratis yang bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Bandung, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Layanan konseling yang disediakan melalui program Kekasih Juara ini seluruhnya gratis. Meski demikian, tidak semua sesi konseling bisa membahas tuntas permasalahan warga. Oleh sebab itu, bagi warga yang membutuhkan konseling lebih lanjut, konselor Kekasih Juara dapat merujuk warga untuk melakukan konseling lanjutan di waktu dan tempat yang berbeda.