Newsticker

Pembelajaran di Luar Kelas, Penanaman PPK di Kota Bandung




Pembelajaran di Luar Kelas di Kota Bandung

Seluruh sekolah di Kota Bandung, baik tingkat SD maupun SMP pada hari Kamis, 7 September 2017, serentak melaksanakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD) atau Pembelajaran di Luar Kelas selama tiga jam, yaitu mulai pukul 07.00-10.00 dengan memprioritaskan waktu untuk bermain.

Dengan mengusung tema "Kaulinan Barudak Lembur Sebagai Upaya Penguatan Cinta Budaya Sunda" dan sebagai implementasi dari Pendidikan Karakter Bandung Masagi, Dinas Pendidikan Kota Bandung menginstruksikan kepada seluruh SD dan SMP se-Kota Bandung agar melaksanakan kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Dr. Elih Sudiapermana, M.Pd., mengatakan, kegiatan belajar di luar kelas ini sejalan dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kota Bandung sendiri sudah memformulasi dengan Pendidikan Karakter Bandung Masagi.

"Kegiatan belajar di luar kelas ini menjadi penting untuk dikuatkan karena memberi ruang yang leluasa bagi tumbuhnya berbagai nilai karakter anak-anak melalui berbagai aktivitas," ungkapnya.

Sementara itu, tujuan dilakukannya gerakan belajar di luar kelas ini juga untuk menyemangati perlunya model pembelajaran di sekolah yang bervariasi dan menyenangkan bagi anak.

"Kita turut serta dalam gerakan belajar di luar kelas yabg dilakukan serentak di berbagai belahan dunia dengan tujuan menyemangati perlunya model pembelajaran di sekolah yang bervariasi dan menyenangkan bagi anak," jelasnya.

Adapun bentuk dan jenis aktivitas diserahkan kepada masing-masing sekolah sesuai dengan kemampuan dan program kerja setiap sekolah, jadi tidak ada penyeragaman kegiatan.