Informasi

50 Pengelola TBM Jabar Ikuti Bimtek Pengelola Perpustakaan Masyarakat




Bimtek Perpustakaan di Hotel Lingga

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan bimbingan teknis (Bimtek) pengelola perpustakaan bagi pengelola Taman Bacaan Masyarakat di Hotel Lingga, Jln. Soekarno Hatta no. 464 Kota Bandung yang berlangsung dari tanggal 05-08 September 2017.

Bimtek bagi pengelola TBM ini merupakan angkatan ke-4 yang diikuti oleh 50 perwakilan pengelola TBM di Jawa Barat. Sebelumnya, diselenggarakan pula Bimtek untuk pengelola perpustakaan sekolah, pengelola perpustakaan desa, dan pengelola perpustakaan umum kabupaten/kota.

"Kegiatan Bimtek ini untuk membangun masyarakat literat melalui pemberdayaan perpustakaan," ungkap ketua pelaksana Oom Nurrohmah pada sambutan pembukaan Bimtek tersebut.

Bimtek ini menjadi ajang silaturahim dan memperkuat pengetahuan pengelola TBM untuk diaplikasikan. Dalam kegiatan ini selain pemateri-pemateri dari Dispusip, ada pula pematerian dari Ketua FTBM Jawa Barat, Nero Taopik Abdillah. Ia  berbagi pengalaman mengenai strategi promosi dan kerjasama TBM, serta kiprahnya di dunia literasi sejak 2010 bersama Komunitas Ngejah dan TBM AIUEO, yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pengelola TBM.

Sementara tanggapan dari peserta, salah satunya dari Suprianto dari TBM Pustaka 42 Depok mengungkapkan bahwa bimtek ini secara keseluruhan bagus dan mampu membantu meningkatkan pengetahuan pengelola TBM. Suprianto merupakan pegiat literasi di Depok dengan konsep memberikan layanan baca bagi masyarakat di Taman Kota Lembah Gurame. Usianya yang menginjak 70 tahun tak menyurutkan semangatnya dalam menggerakkan kegemaran dan minat baca masyarakat. (Dian Handayani)