Newsticker

Perpustakaan Desa Margamukti Pangalengan Wakili Jabar di Tingkat Nasional




Perpustakaan Desa Margamukti Pangalengan Wakili Jabar di Tingkat Nasional

Setelah lolos lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten dan provinsi, Desa Margamukti berhasil mewakili Jawa Barat ke jenjang nasional. Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan menerima Tim Verifikasi Penilaian Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional di Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan, Jumat (10/8/2017).

Siap bersaing di tingkat nasional
Adalah Pabukon Saba Desa Margamukti yang berhak mewakili Jabar di tingkat nasional. Tanggal 12 September nanti, perpustakaan dari Bandung Selatan tersebut akan bersaing dengan Yogyakarta dan tiga daerah lainnya. Perpustakaan tersebut selain ada Taman Baca Masyarakat (TBM), terdapat pula radio komunitas masyarakat, Green economy garden Saba Desa, Gazebo baca, juga masih diterapkannya mengaji magrib dan Perpusdes at home.

Penghargaan sendiri telah diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipanan Daerah Provinsi Jawa Barat, Tati Iriani kepada Kepala Desa Margamukti, Agus Suherman, di Graha Pustaloka Dispusipda Jawa Barat, Kamis (13/7/2017).

Tingginya minat baca masyarakat
Sebelumnya, pada lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Bandung, Desa Margamukti berhasil meraih juara pertama mengalahkan Desa Ciburial di Kec. Pangalengan dan Margaasih di Kec. Cicalengka. Sejak tahun 2009 lalu pasca bencana gempa di Kecamatan Pangalengan, Desa Margamukti mengalami kemajuan sangat pesat, salah satunya tingginya minat baca masyarakat untuk berbagai pengetahuan mulai dari pertanian, ekonomi, kesehatan dan rumah tangga.

Untuk mendukung minat budaya baca masyarakat, sampai saat ini Perpustakaan Kabupaten Bandung sudah memiliki sedikitnya 25 ribu judul buku dari seluruh latar belakang keilmuan yang ada. Dengan koleksi buku tersebut, tiga unit mobil perpustakaan keliling disediakan untuk memenuhi kebutuhan literasi masyarakat akan pengetahuan, khususnya untuk wilayah pedesaan yang kurang terakses informasi.