Informasi

Little Bandung Store Dibuka di Cuenca, Ekuador




Little Bandung Store Dibuka di Cuenca, Ekuador

Setelah sukses dibuka di Petaling Jaya, Malaysia dan Seoul, Korea Selatan, Kota Bandung akan kembali membuka Little Bandung Store. Kali ini, lokasinya berada jauh di Amerika Latin, di sebuah kota bernama Cuenca.

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menuturkan, pihaknya telah melakukan penjajakan sejak berbulan-bulan lalu. Kini, dalam kurun waktu 6 bulan, toko Little Bandung akan beroperasi di Cuenca.

“Kita sudah ada tokonya, betul-betul tinggal saya kirim container yang isinya barang-barang Usaha Kecil Menengah (UKM),” ujar pria lulusan University of California itu di Pendopo Kota Bandung, Senin (14/8/2017).

Pembukaan Little Bandung itu adalah hasil diplomasi Ridwan ke Amerika Latin beberapa waktu lalu. Serangkaian bentuk diplomasi sudah dijalankan Ridwan hingga berujung pada kerja sama konkret antara Bandung dengan negara-negara di sana.

“Jadi kemana pun saya pergi ke luar negeri pasti selalu berakhir dengan negosiasi pembukaan UKM-UKM Bandung di dunia,” tutur wali kota.

Little Bandung adalah merek atau brand Kota Bandung di luar negeri berupa toko maupun media lainnya yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk Bandung di mancanegara. Produk-produk yang dipromosikan terdiri dari berbagai jenis, mulai dari kerajinan, makanan ringan, hingga fesyen.

“Mudah-mudahan ini lancer. Pada saatnya saya sampaikan ke publik bahwa kita punya toko Little Bandung di Amerika Latin,” katanya.

Selain Little Bandung, Ridwan juga mendapatkan peluang untuk melakukan kerja sama sister city dengan Ekuador. Hal ini menambah daftar panjang prestasi Pemerintah Kota Bandung dalam menjalin hubungan baik dengan kota-kota dunia lainnya.