Informasi

Inilah Rekayasa Lalu Lintas Saat Karnaval Kemerdekaan di Bandung




Rute Karnaval Kemerdekaan Bandung 2017

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Agustus 2017 mulai pukul 14.00 sampai pukul 17.00 WIB. Adapun iring-iringan peserta karnaval akan dimulai dari Gedung Sate hingga ke Alun-alun dengan rute: Gedung Sate (Jalan Diponegoro) - Jalan Ir H Juanda/Dago - Jalan Merdeka - Jalan Lembong - Jalan Tamblong - Jalan Asia Afrika - Alun-alun Bandung.

Bagi Anda yang ingin menonton Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, berikut ini aturannya:
- Dilarang menerobos barikade
- Dilarang menerbangkan drone
- Gunakan pakaian adat
- Gunakan tongsis untuk selfie, IG Live, dll.
- Untuk ke lokasi diimbau menggunakan angkutan umum untuk menghindari kemacetan

Pihak Polrestabes Bandung sendiri akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup jalur di dua lokasi untuk digelarnya karnaval kemerdekaan HUT Ke-72 Republik Indonesia (RI). Kedua titik yang rencananya ditutup yaitu kawasan Gedung Sate atau Jalan Diponegoro dan kawasan Taman Vanda di Jalan Merdeka. Penutupan dilaksanakan pada Sabtu 26 Agustus 2017 pukul 06.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Acara di Taman Vanda itu dijadwalkan akan dihadiri Presiden Jokowi. Di kawasan Gedung Sate, penutupan jalan diberlakukan mulai depan Pusdai hingga lampu merah Jalan Cilamaya. Kendaraan bermotor dialihkan ke Jalan Citarum dan Jalan Cilamaya atau belakang Gedung Sate. Penutupan jalur di kawasan Taman Vanda mulai perempatan Jalan Merdeka - Jalan Ir. H Juanda hingga ke Jalan Lembong.

Adapun untuk di kawasan Merdeka, kendaraan ke Dago dari arah Wastukencana langsung belok kiri. Dari Dago mau ke arah Asia Afrika dan sebagainya nanti dari perempatan Merdeka masuk ke Jalan Riau.

Untuk pengalihan arus kendaraan, salah satunya saat Presiden datang dari Bandara Husein Sastranegara ke Gedung Sate sehingga akan ada penutupan jalan sementara. Saat tiba di Gedung Sate, Jalan Diponegoro ditutup.  Penutupan mulai dilakukan pukul 12.00 sampai pukul 17.00 WIB. Begitu juga Jalan Asia Afrika, tetapi situasional. Setelah rombongan Presiden melintas, jalan dibuka kembali.

Berikut ini rekayasa lalu lintas saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung:
- Dari arah Dago/Jln. Ir. H. Juanda menuju ke Jln. Merdeka di belokan ke arah Jln. Riau apabila rangkaian festival sudah sampai Jln. Merdeka.
- Dari arah Purnawarman-Riau tidak boleh belok kanan ke Jln. Merdeka, tetapi diluruskan ke Jln. Riau dan belok kiri ke Dago/Jln. Ir. H. Juanda.
- Jl.Aceh depan Balai kota di satu arahkan ke Masjid Al Ukhuwah boleh belok kanan dan belok kiri Jln. Wastukancana.
- Dari arah Jln.Wastukancana / Purnawarman yang akan mengarah Jln. Aceh Diluruskan melingkar ke Jln. LLRE Martadinata/Jln. Riau.
- Dari Jln. Sumatera tidak boleh belok kanan ke Jln. Merdeka - Jln. Aceh tetapi bisa belok kiri ke Jln. Aceh.
- Dari Jln.Wastukancana Balai Kota dibuat dua arah, dari arah Jln. Wastukancana diluruskan ke Jln. Braga pinggir Bank Indonesia.
- Dari arah Braga Bank Indonesia tidak boleh belok kiri ke Jln. Lembong.
- Dari Patung Bola dilakukan buka tutup Kalau misalkan rangkaian festival mengarah Jln. Asia Afrika,  dari arah Jln. Sumatera tidak boleh lurus ke Jln. Tamblong, tetapi belok kiri kan ke Jln. Veteran.