Newsticker

Pernyataan Sikap Aliansi Masyarakat Selamatkan Al-Aqsha (AMSA)




Masjid Al-Aqsha merupakan masjid suci ketiga umat Islam. Kemuliaan dan kesuciannya tertera dalam Al – Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW. Maka tak heran Rasulullah dan para sahabanya sanagt mencintai Masjid Al-Aqsha sebagai mana menciantai Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

Masjid yang sangat dicintai dan dihormati oleh seluruh umat Islam di dunia hari ini sedang dijajah dan dinodai oleh Zionis Israel. Mereka membunuh, menghancurkan, membatasi dan melarang masyarakat Pelestina masuk dan melaksanakan Solat di Masjidil Aqsha. Tindakan sewenang-wenang tersebut semakin hari semakin ditunjukan oleh penjajah Zionis Israel terhadap Masjidil Aqsha dan masyarakat Palestina.

Beberapa hari yang lalau, tepatnya pada tanggal 14 Juli 2017. Zionis Israel kembali melakukan tindakan sewenang-wenangnya dengan melarang umat Islam melakukan sholat dan mengumandangkan adzan, selain itu Zionis Israel juga memasang alat detektor yang membatasi warga palestina masuk ke Masjidil aqsha. Inilah puncak penistaan yang dilakukan penjajah Zionis sejak 50 tahun terakhir.

Memperhatikan kondisi kritis tersebut, kami Aliansi Masyarakat Selamatkan Al-Aqsha (AMSA) dan Ormas-Ormas di Jawa Barat merasa terpanggil untuk menyikapi kondisi tersebut:
1. Mengutuk tindakan sewenang-wenang Zionis yang telah menodai, menutup dan melarang umat Islam untuk melakukan aktivitas terutama sholat di Masjidil al – aqsha. Hal tersebut merupakan penggaran HAM terberat yang harus segera ditindak tegas.
2. Mendesak lembaga-lembaga internasional Persatuan Bangsa – Bangsa (PBB) untuk menindak tegas pelanggaran HAM ini serta menyeret pemerintah Zionis untuk diadili sebagai penjat dan pelanggaran HAM berat.
3. Mendesak pemerintah Indonesia untuk berperan aktif untuk menghentikan berbagai uapaya pelarangan dan penodaan Masjidil Aqshamelalui langkah-langkah diplomatik yang tagas. Demi tercapainya amanat konsitusi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kebebasan dan menentang penjajahan.
4. Menyeru kepada seluruh elemen bangsa, khsusnya kepada umat islam terutama kepada alim ulama, para da’I dan tokoh masyarakat untuk melakukan langkah-langkah nyata guna menyelamatkan Masjidil aqsha dengan cara:
a. Menyampaikan kondisi Al-Aqsha yang sangat kritis kepada masyarakat melaui forum-forum seperti balig akbar, pengajian rutin, khutbah jumat, majelis taklim dll.
b. Menyampaikan kepada umat bahwa membela al-Aqsha adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam.
c. Mengajak umat Islam untuk memberikan kontribusi terbaik secara terus menerus baik dengan dana, tenaga dan pikiran guna menyelamatkan Masjidil Aqsha dari cengkaraman zionis Israel.
d. Menyampaikan kepada umat bahwa kebencian kepada kita Zionis Yahudi disebabkan mereka berlaku sewenang-wenang, bertindak brutal terhadap Masjidil aqsha.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan. Hasbunallah wani’mal wakiil.

Bandung, 21 Juli 2017

Aliansi Masyarakat Selamatkan Al – Aqsha