Newsticker

Pemerintah Kota Bandung Luncurkan Alquran Digital




Peluncuran Alquran digital Bandung

Kota Bandung saat ini meluncurkan Alquran digital yang bisa memberikan manfaat dalam hal keagamaan. Masjid pertama peluncuran Alquran digital bertempat di Masjid Tawakal 2 Jln. Karasak, Kecamatan Astana Anyar, Kamis (20/7/2017).

Dengan program yang dimiliki Pemkot Bandung yaitu "Magrib Mengaji", Alquran digital tersebut memberikan manfaat dan membantu dalam hal membaca Alquran maupun kegiatan keagamaan seperti dakwah, foto keislaman, maupun video-video sejarah Islam.

Sebagai dukungan atas program yang digagas Pemerintah Kota Bandung, Tribun Jabar, dan PT Telkom memberikan fasilitas berupa TV LCD 40 inch, notebook, speaker aktif, Software Alquran Digital dan mic wireless.

Adapun jumlah masjid yang akan diluncurkan sebanyak 10 masjid. Untuk Kota Bandung berjumlah 6 masjid, Kabupaten Bandung 2 Masjid, dan Kabupaten Purwakarta 2 Masjid.

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil mengapresiasi Alquran digital yang telah diluncurkan.

"Dengan teknologi yang dewasa ini zaman sudah berubah, jadi sebagai masyarakat harus mengikuti perkembangan zaman. Saat ini, banyak perubahan melalui digital, begitu juga dalam hal keagamaan. Alquran digital membantu kita untuk mempermudah cara membaca dan memahami Alquran," jelas Ridwan.

Lanjutnya, Alquran digital pun memberikan manfaat yaitu cara membuat bisa lebih interaktif.

"Jadi kita bisa membacanya lebih paham, ada artinya dan lantunan seperti apa. Sehingga kita bisa mengikuti sesuai arahan. Selain itu kita bisa mengakses video sejarah Islam, foto foto dan cara berdakwah," ujarnya.

Dirinya berharap, dakwah Islam bisa lebih cepat dikembangkan, sehingga dunia digital ini khususnya di Kota Bandung bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Jadi kalo sekarang media dakwahnya pindah ke gadget, itu menjadi sebuah konsep masa kini yang baik. Sehingga dakwah menjadi relevan," tegasnya.

Emi pun berterima kasih Terima untuk PT Telkom yang telah menyumbangkan teknologi untuk Alquran digital di masjid tersebut.

"Insya Allah menginspirasi kita hal yang sama dimana dakwah Islam lebih interaktif, sehingga sejarah Islam bisa lebih cepat dan masyarakat bisa lebih memahami," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Pimpinan Tribun Jabar Pitoyo, Dep Marketing PT Telkom Khamdan, Camat Astana Anyar Syukur sSabar, Lurah Karasak Sofyan.