Newsticker

Mojang Jajaka Cimahi 2017 Dituntut untuk Mempromosikan Wisata Lokal




Grand final Moka Cimahi 2017

Jumat (14/7/2017) malam, perhelatan pencarian bakat Mojang Jajaka (Moka) Cimahi 2017 digelar di Gedung Technopark Cimahi, Jln. Raya Baros, Kota Cimahi. Malam grand final Pasanggiri Moka Kota Cimahi 2017 tersebut diikuti 12 pasangan Moka. Peserta Moka Cimahi tahun 2017 berasal dari para pendaftar yang mencapai 95 orang. Setelah dilakukan seleksi oleh panitia, terpilihlah 24 orang untuk tampil di grand final Moka Cimahi 2017.

Dalam puncak rangkaian Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Cimahi 2017 tersebut menobatkan 9 juara pasangan dengan masing-masing kategori, yakni :
1. Mojang Jajaka Pinilih Kota Cimahi: Alma Syifa Maulida dan Tri Mukti Koencoro
2. Kategori Wakil I Kota Cimahi:  Zahra Aldina dan Yandhega Dirgandono
3. Kategori Wakil II Kota Cimahi: Rizkiani Tri Ramdani dan Sany Rizaludin
4. Kategori Atribut (Fotogenik): Widya Apriliani dan Farel Ardani
5. Kategori Favorit : Sita Aulia Rahmah dan Roni Iswandana Yudha
6. Kategori Persahabatan : Prinsa Safira dan Abdul Rohman
7. Kategori Duta Lingkungan Hidup: Tazqiya Qalbi dan Fauzan Riza Hafid
8. Kategori Duta Anti Narkoba: Mega Mahardika dan Nauval Mahendra
9. Kategori Media Sosial: Tazqiya Qalbi dan Nauval Mahendra.

Tugas untuk mempromosikan potensi wisata Kota Cimahi ini menanti para pinjunjul tersebut. Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi mengingatkan kepada mereka yang terpilih sebagai pemenang dalam pemilihan Pasangriri Moka Kota Cimahi 2017 agar berkontribusi dalam mendukung agenda pemerintah kota mempromosikan wisata lokal.

"Seorang duta itu harus memenuhi tiga aspek. Pertama, dari sikap. Seorang duta harus memiliki kepribadian yang soméah, amis budi, gampang bergaul dan lain-lain.  Kedua, dari pengetahuan. Seorang duta haruslah mengetahui sejarah daerahnya, seni dan budayanya, dan keseharian masyarakatnya. Selain itu, terkadang diharuskan pula memiliki kecakapan dalam bahasa asing. Fungsinya untuk mempromosikan daerahnya kepada dunia internasional," papar Kepala Disbudparpora Kota Cimahi Ero Kusnadi.

Selain itu, tambah Ero, penampilan seorang duta haruslah seseorang yang menarik untuk dilihat. Tidak harus cantik atau tampan, yang penting orang lain  senang melihat penampilannya. Untuk selanjutnya, mereka yang terpilih sebagai Moka Cimahi 2017 akan mewakili kota di tingkat provinsi.

Kegiatan rutin seperti Moka ini bertujuan untuk membangun generasi muda yang cerdas, mandiri dan baik. Pasalnya, selama mereka dikarantina, mereka diberikan bekal dari berbagai keilmuan. Mereka diberi wawasan sebagai generasi muda, sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam rangka mempromosikan pariwisata.

Dokumentasi seputar Pasanggiri Moka Kota Cimahi 2017 lihat di sini.