Informasi

Forum Wartawan Bandung Juara Adakan Pelatihan Jurnalistik




Pelatihan Jurnalistik FWBJ

Nasionalisme hari ini menjadi isu penting bagi generasi muda. Generasi muda memegang peranan penting untuk mendorong Indonesia Emas tahun 2045. Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto dalam Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Jurnalis Patriot Bangsa" yang digelar Forum Wartawan Bandung Juara di Aula PMI Kota Bandung, Selasa (25/7/2017).

"Generasi muda yang kompetitif dan berjiwa patriotik pada saat bonus demografi akan mendorong kemajuan Indonesia," ujar Yossi

Penyebaran informasi positif
Yossi memandang bahwa jurnalistik adalah salah satu pintu yang bisa memperkuat rasa nasionalisme. Caranya adalah dengan menyebarkan informasi-informasi positif yang dilalukan oleh para jurnalis. Penerapan prinsip berita yang bertanggung jawab adalah kunci penguatan nasionalisme. Wartawan memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan pendidikan dan pemahaman tentang pesan-pesan persatuan dan kesatuan.

"Tanggung jawab moril inilah yang menjadi nilai yang patut dijunjung oleh para wartawan, baik wartawan sekolah atau wartawan profesional," tutur Yossi.

Ia mencontohkan beberapa fenomena yang terjadi berawal dari kesalahan informasi. Penyebaran berita hoaks untuk memprovokasi pihak tertentu kerap kali memicu perpecahan di tengah masyarakat.

"Masyarakat hari ini juga perlu dicerdaskan tentang bagaimana memilah informasi. Tugas generasi muda inilah yang harus berperan dalam hal ini," tegas Yossi.

Integritas para jurnalis
Ia tidak ingin masyarakat mudah diprovokasi oleh oknum-oknum penyebar informasi yang tidak bertanggung jawab. Ia pun menaruh harapan pada integritas para jurnalis untuk menerapkan prinsip utama seorang pewarta, yakni bertanggung jawab pada kebenaran.

Oleh karena itu, Yossi sangat mengapresiasi kegiatan yang melibatkan ratusan anak muda dalam pelatihan jurnalistik ini. Peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, perwakilan KNPI dan Karang Taruna itu akan mendapat paparan dari para profesional.

"Manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.