Newsticker

Donasi Buku untuk Masyarakat Mendapat Apresiasi dari Para Tokoh dan Pegiat Literasi Jabar




Donasi Buku Untuk Masyarakat di Bandung

Senin (17/7/2017) bertempat di Kantor Pos Pusat Jl. Asia Afrika Bandung launcing "Donasi Buku Untuk Masyarakat" dilaksanakan. Program ini sesuai dengan perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa mulai bulan Mei setiap tanggal 17 adalah hari pengiriman buku gratis ke seluruh Nusantara yang pendistribusiannya oleh Kantor Pos di mana pun.

Terkait dengan hal tersebut, PT Pos mengajak Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) dan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) untuk bersama sama mendukung program khusus tersebut. Dalam sambutannya Kepala Pos Regional V Jawa Barat Apang Pramutyas mengatakan bahwa PT Pos bekerja sama dengan Mendikbud untuk mendistribusikan buku buku ini tanggal 17 setiap bulannya.

Lemahnya budaya literasi di Indonesia
Dalam acara tersebut hadir juga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam acara donasi.buku untuk masyarakat. Di sela sela kegiatan, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-60an. Ini menunjukkan rendahnya tingkat membaca di negara kita. Menurut survei, 27 buku hanya dapat dibaca selama setahun.

Ini jauh dibandingkan dengan masyarakat Jepang yang jumlah penduduknya sedikit tapi buda membaca dan menulis buku sangat tinggi. Berkaca dari hal tersebut, Kang Emil memberikan apresiasi kepada PT Pos yang sudah membantu dalam kegiatan donasi buku ini.

Pada acara tersebut juga diisi dengan kegiatan talkshow tentang sosialisasi donasi buku untuk masyarakat. Acara gelar wicara tersebut dihadiri Kepala Regional V Jabar PT Pos Apang Pramutyas. Apang menjelaskan bagaimana peran PT Pos Indonesia dalam menyosialisasikan program Presiden RI melalui donasi buku bebas biaya; ide ide untuk mengadakan pojok baca di kantor  pos dan public area; juga mengajak BUMN lain untuk turut serta meyukseskan program ini.

Dihadiri Acil Bimbo dan Iman Soleh
Tidak ketinggalan dalam talkshow ini dihadiri salah seorang personel Bimbo dan aktivis, Kang Acil. Juga turut hadir seniman Iman Saleh dari Komunitas Celah-Celah Langit (CCL). Keduanya berbagi tentang bagaimana peran masyarakat dalam membantu menggerakan literasi di masyarakat dan berbagi pengalaman menulis buku kepada semua yang hadir. Juga hadir Rd Nonih Suarsih dan para pegiat literasi lainnya. Para pegiat literasi tersebut menyambut baik program donasi buku yang sudah berjalan dua bulan ini.

Acara launcing kemudian ditutup dengan pemberian piagam prangko filateli dan ajakan berdonasi buku yang diberikan kepada Santi Susilawati. pengurus Forum Wilayah Jawa Barat yang mewakili Ketua Opik Abdilah. Santi mengharapkan program donasi buku ini sukses dan dapat dirasakan kebermanfaatannya.untuk pengelola taman bacaan masyarakat di seluruh pelosok.  (Kiki Ginanjar)