Newsticker

TBM Sukamulya Cerdas Gelar Pelatihan Jurnalistik




Pelatihan Jurnalistik TBM Sukamulya Cerdas Cinambo Ujungberung

TBM Sukamulya Cerdas mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pemuda Kelurahan Sukamulya, Cinambo, Ujungberung. Pelatihan jurnalistik dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu yakni tanggal 10, 11, 17, 18 Juni 2017 dimulai pukul 13.00-15.00 WIB. Peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik ini maksimal 20 orang yaitu perwakilan dari setiap RW berjumlah 3 orang.

Adapun rangkaian kegiatannya yaitu pembukaan dari kKetua TBM Sukamulya; ground rules yang disepakati diantaranya yaitu hadir tepat waktu dan batas telat maksimal 15 menit; harus aktif dalam proses pelatihan; dan tidak menggunakan alat komunikasi selama kegiatan berlangsung. Grounds rules ini disepakati bersama yang bertujuan agar pelatihan jurnalistik berjalan dengan baik dan efektif dan penjelasan tentang jurnalistik oleh pemateri. Metode yang digunakan yaitu berupa ceramah dan diskusi partisipasi aktif.

Pengenalan dunia jurnalistik
Hari pertama Sabtu, 10 Juni 2017, pelatihan jurnalistik diisi dengan pemateri Agung Prawiranegara dan Aghnia Ilmahasan mahasiswa dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Pada pertemuan pertama pelatihan jurnalistik membahas tentang pengenalan jurnalistik, media (cetak, online) dan teknik wawancara. Selain penjelasan tentang teori peserta diarahkan untuk melakukan teknik wawancara dengan berpasangan. Kemudian, seluruh peserta melakukan teknik wawancara kepada pasangannya dan hasil wawancara tersebut dijadikan berita.

Staffing jurnalis
Hari kedua Minggu, 11 Juni 2017 pelatihan jurnalistik dengan pemateri Nita Juniati, mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Jurnalistik. Pada hari kedua pelatihan jurnalistik membahas tentang pembuatan staffing pada jurnalis, diantaranya pemimpin redaksi, redaktur, rubrikasi, dan wartawan. Pada pelatihan kali ini Nita selaku narasumber memberikan arahan kepada peserta untuk membuat suatu staffing jurnal dan membuat media.

Hasil dari pelatihan kali ini yaitu terbentuklah staffing jurnalistik dan media diantaranya yaitu Annisa A S sebagai pemimpin redaksi, Damara sebagai redaktur, Ferdi sebagai layouter, dan peserta lain sebagai wartawan. Media yang kami gunakan saat ini yaitu instagram karena instagram terbilang mudah dalam menyajikan sebuah berita. Kami memberi nama diri ami sebagai sukamulya media karena konten-konten berita didalamnya memprioritaskan dari kondisi di sukamulya dan kampung literasi.

Teknik menulis di Wikipedia
Hari ketiga. Sabtu, 17 Juni 2017 pelatihan jurnalistik dengan pemateri salah satu pengurus Wikipedia. Pada hari ketiga pelatihan jurnalistik membahas tentang teknik menulis artikel dari wikimedia (teori dan praktek) pertama memperkenalkan apa itu wikipedia. Kemudian, peserta diarahkan bagaimana cara membuat akun wikipedia dan langkah-langkah membuat artikel.

Public Speaking
Hari keempat Minggu, 18 Juni 2017, pelatihan jurnalistik dengan pemateri yaitu Teguh Ari Prianto, dosen Retorika Universitas Al-Ghifari. Pada hari ketiga Pelatihan Jurnalistik mengenai public speaking. Peserta diarahkan agar mampu berbicara dengan baik di depan umum.

Tujuan pelatihan
Tujuan dari pelatihan Jurnalistik ini diharapkan peserta mampu mengetahui :
- Apa itu jurnalistik (online dan cetak)
- Teknik penulisan secara umum dan penulisan jurnalis
- Teknik wawancara
- Simulasi membuat media (blog atau buletin/tabloid) tentang kampung literasi.

Diharapkan setelah diadakan pelatihan jurnalistik peserta mampu membuat berita khususnya tentang Sukamulya dan Kampung Literasi. Tindak lanjut dari pelatihan ini staffing jurnalis dapat bertugas untuk memberitakan kegiatan kampung literasi dan keadaan TBM di setiap RW yang ada di sukamulya.

Penutupan dari kegiatan "Ngabubur Ayam (ngabuburit asyik ya di TBM) dalam mengisi bulan Ramadan yang telah dilaksanaan dua kegiatan diantaranya yaitu pelatihan Komputer dan Internet dasar. Kegiatan buka bersama di TBM diikuti seluruh panitia Kampung Literasi dan peserta pelatihan. Buka bersama dilaksanakan setelah hari terakhir dilaksanakan pelatihan. Kegiatan ini diharapkan djadikan ajang untuk mempererat silaturahmi.