Newsticker

Mang Oded: Menolong Muslim Rohingnya Kewajiban Kita Semua




Oded M Danial di Masjid Trans Studio Mall

Muslim Rohingya di Myanmar sering digambarkan sebagai orang-orang yang paling sering mengalami persekusi di dunia, Mereka ditolak di negara sendiri, tidak diterima oleh beberapa negara tetangga, miskin, tak punya kewarganegaraan, dan dipaksa meninggalkan Myanmar dalam beberapa dekade terakhir.

Kasus Muslim Rohingya tersebut menurut Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial merupakan pukulan dan pelajaran yang mendalam bagi muslim di dunia, khususnya di Indonesia. Maka dengan demikian, bersyukur dan meningkatkan kualitas ibadah perlu dilakukan oleh masyarakat muslim yang tinggal di Indonesia.

"Saya turut prihatin dan sedih sebagai seorang muslim melihat saudara-saudara kita yang didzalimi. Ini merupakan pukulan yang mendalam bagi kita, untuk itu bagi kita muslim yang tinggal di negara yang Insya Allah damai ini perlu membantu saudara kita sebagai bentuk rasa syukur," jelas Oded di Masjid Trans Studio Mall Kota Bandung, Selasa (20/06/17).

Mang Oded kemudian menuturkan menolong sesama muslim merupakan hal yang harus dilakukan dimanapun dirinya berada, khususnya muslim di Rohingnya menjadi kewajiban menolong dan membantu berkontribusi di kawasan tersebut karena kedzalimannya sudah keluar dari asas kemanusiaan.

"Bagaimana mungkin kita bisa berdiam diri sedangkan saudara kita di sana didzolimi, dibunuh semena-mena" tegasnya.

Senada dengan Wakil Wali kota Bandung Oded M Danial, Budi Prayitno yang menjadi pembicara pada acara tersebut juga mengatakan kewajiban seseorang muslim adalah membantu sesama muslim di kawasan manapun.

"Selama ada adzan berkumandang, di sanalah tanah seorang muslim, ketika kedzaliman terhadap muslim menjadi kewajiban kita untuk menolongnya," tandasnya.