Newsticker

SSG Angkatan 33 Ajak PKBM BCU Berdayakan Masyarakat




SSG Daarut Tauhiid dan PKBM Bina Cipta Ujungberung

Santri Siap Guna (SSG) Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung mempunyai banyak kegiatan. Dibawah pimpinan langsung Aa Gym,  santri-santri tersebut dikenal dalam gerakan pemberdayaan masyarakat. Belum lama ini, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bina Cipta Ujungberung ( (PKBM BCU) kedatangan kurang lebih 80 SSG Daarut Tauhiid Bandung. Kedatangan para SSG tersebut bermaksud melakukan pemberdayaan masyarakat di wilayah Andir Kaler RT 03 RW 03 yang rencananya akan diadakan mulai tanggal 10 - 14 Mei 2017.

Empat kegiatan
Ada empat kegiatan yang akan digarap yakni: pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan keagamaan. Rapat koordinasi untuk menguatkan gerakan tersebut telah diadakan pada Senin (1/5/2017) di Masjid Nurul Falah. Dalam rakor tersebut, Asep Sobana selaku Ketua Yayasan Bina Cipta Ujungberung menjelaskan bawah ada kesamaan gerakan pemberdayaan yang dilakukan SSG dan PKBM GCU

"Kerja sama ini sangat bagus, apalagi program yang akan dilaksanakan oleh SSG hampir mirip dengan program yang sekarang ini menjadi program prioritas di PKBM BCU," ungkap Asep saat menerima rombongan Santri Siap Guna di PKBM BCU.

Nurhadi Ketua Diklat SSG di sela-sela obrolannya mengutarakan bahwa santri yang berjumlah 130 orang akan di bagi beberapa kelompok. Ada yang membuat program di bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan ini antara lain tidak terputus empat hari saja mereka berada di sini tapi ada kelanjutannya.

Pemberdayaan masyarakat
Kegiatan yang sudah dirancang itu antara lain, pentas kreasi seni anak PAUD serta kegiatan di Madrasah Nurul Falah, Madrasah Hikmatul Iman, Majlis Talim, ibu PKK, Karang Taruna serta kegiatan pengecekan  pap smear gratis dari Bio Farma bagi yang memiliki BPJS, Selain itu, kegiatan akan dimeriahkan pula dengan penampilan akustik band anak remaja, pelatihan pemulasaraan jenazah, program magrib mengaji, program tahajud bersama, les singkat bahasa arab, dan lainnya.

"Kegiatan SSG ini benar-benar akan diimplementasikan di masyarakat secara riil," tutur Ade sebagai koordinator dari SSG. Sementara Ketua DKM Nurul Falah, Rijal Choeruddin dan Ketua RW 03, Daeng Sopandi turut memberikan dukungan penuh terhadap berlangsungnya kegiatan ini. (Santi)