Informasi

LKS SMK Tingkat Nasional ke-25 Digelar 16 - 18 Mei 2017 di Solo




LKS SMK ke-25 tingkat nasional di Solo

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional yang ke-25 akan segera berlangsung di Stadion Gelora Manahan, Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 16-18 Mei 2017. Lomba LKS tingkat nasional rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Lomba akan terbagi di ruangan terbuka (outdoor) dan tertutup (indoor). Untuk pameran hasil karya peserta yang mengandung polutan dan memerlukan tempat pembuangan limbah, akan ditempatkan di ruangan outdoor. Sedangkan ruangan indoor akan digunakan untuk memerkan hasil karya peserta yang tidak mengandung polutan.

Dilansir dari psmk.kemdikbud.go.id, tidak semua lomba dihelat di Stadion Manahan. Ada beberapa tempat rujukan yang digunakan untuk melaksanakan lomba, di antaranya:
1. Lomba bidang Welding dan CADD Mechanical Engineering akan digelar di SMK Mikael Surakarta.
2. Lomba Bidang Industrial Control, IT/Software Application di SMKN 5 Surakarta; Mould Making, CNC Milling, CNC Turning di SMK Warga Surakarta; Web Design dan Information Technology Networking Support di SMKN 2 Surakarta.
3. Lomba Telecom Distribution Technology, Graphic Design Technology, Auto Cad/CADD Building di SMKN 4 Surakarta; Printing di Percetakan Joglo Semar; Hotel Accommodation Hotel The Sunan Solo; Caring/Pekerjaan Sosial dan Accounting di SMKN 7 Surakarta.
4. Lomba Bidang Animation 3 Dimensi dari negara ASEAN dilaksanakan di Swissbell Hotel
5. Lomba Product Innovation dan Software Creation akan melaksanakan pameran di Stadion Manahan.

Setiap provinsi harus mengirimkan daftar nama siswa dan bidang lomba yang diikuti melalui pendaftaran secara daring (online). Bagi provinsi yang tidak mengirimkan usulan nama peserta dan bidang lomba yang diikuti hingga tanggal 30 April 2017, maka provinsi tersebut dinyatakan tidak mengirimkan perwakilan.

Selain lomba yang diikuti peserta dalam negeri, acara ini juga dimeriahkan lomba film Animasi 3 Dimensi oleh perwakilan peserta dari negara-negara ASEAN. Juga ada seminar internasional dan nasional dengan empat topik setiap harinya di Universitas Sebelas Maret (UNS). Juga akan diselenggarakan kegiatan pendukung lainnya seperti pameran produk inovasi unggulan hasil karya siswa SMK, pelatihan, gerakan literasi sekolah (GLS), one school one province (OSOP), dan lainnya.