Newsticker

Kelurahan Cigending Giatkan Wisata Baraya Lansia


Wisata Lansia Kelurahan Cigending Ujungberung

Menurut WHO pada 2006, masa lanjut usia (lansia) adalah masa perkembangan terakhir dalam hidup manusia. Dikatakan sebagai perkembangan terakhir oleh karena ada sebagian anggapan bahwa perkembangan manusia berakhir setelah manusia menjadi dewasa. Padahal kalau kita amati, manusia tidak pernah berhenti berkembang sampai ia meninggal.

Di Taman Lansia
Kelurahan Cigending yang dimotori oleh Rukun Warga 03 Andir Kaler mengadakan kegiatan lansia yang diberi nama "Wisata Baraya Lansia". Salah satu kegiatannnya digelar di Taman Lansia Jl. Cisangkuy, Kota  Bandung pada Mingg (30/4/2017). Kegiatan yang diikuti oleh 40 orang lansia dan kader PKK ini menguatkan program lain dari TP PKK Kelurahan Cigending yang saat ini menjabat yakni Ai Rohayati, sekaligus istri dari Lurah Cigending Karna Suherman.

Di sela-sela kesibukan sebagai ibu dari Karina Yasinta (18) tahun dan Kesya Maharani (9), ia juga aktif di kegiatan yang diadakan PKK Kecamatan Ujungberung. Walaupun masyarakat baru mengenalnya sekitar dua bulan terakhir menggantikan ketua PKK terdahulu.

"Waktu bukan hambatan untuk melaksanakan tugas sebagai istri lurah," tutur wanita yang lahir 45 silam di Tasikmalaya ini. Ia juga senang mengoleksi kerudung dan dari hobi sekaligus bisnis pribadinya tersebut. Kegiatan "Wisata Baraya Lansia" sendiri diadakan bertepatan dengan Hari Jadi Lansia di RW 03 yang ke-4. Sementara bagi para lansia, mereka sangat senang karena mendapat hadiah langsung, salah satunya berupa kerudung.

Rutin enam bulan sekali
Di tempat terpisah, Aceng Sopandi Ketua RW 03 Andir Kaler, Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung juga menuturkan bahwa kegiatan wisata lansia ini akan diadakan rutin setiap enam bulan sekali untuk memotivasi warga lansia lainnya dan sebagai ajang silaturahmi warga.

Salah satunya, Mak Onih (72) lansia paling rajin yang selalu datang setiap bulannya melakukan mengecekan kesehatan di Posbindu. Ia sangat antusias mengikuti senam lansia, jalan-jalan mengelilingi taman, joget ala lansia, hingga kegiatan botram (makan bersama).

Harapan ke depan RW 03 Kelurahan Cigending adalah mampu menjadi garda utama bagi lansia yang ada di Kota Bandung dan menjadi percontohan tutur salah satu perintis kegiatan wisata lansia di RW 03. (Santi)