Newsticker

Kampung Sapedah Gentong, Potensi Wisata Adventure Kab. Bandung




Kampung Sapedah Gentong Jelekong

Sabilulungan Downhill Race 2017 yang secara resmi ditandai dengan pengibaran bendera di garis start oleh Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser, merupakan titik awal bagi Kampung Sapedah Gentong, Desa Jelekong, Kecamatan Baleendah untuk menjadi Obyek Wisata Terpadu. Dikatakan demikian karena Pemkab Bandung menetapkan akan menata lahan di Kampung Sapedah tersebut tidak hanya untuk olahraga bersepeda saja.

“Untuk menarik minat wisatawan, selain sebagai trek downhill, juga akan ditata sebagai tempat perkemahan (camping ground), gerak jalan santai, kemudian warung-warungnya ditata dengan tertib dan rapi, saya minta pemerintah kelurahan Jelekong berkoordinasi dengan warga setempat untuk menyediakan sarana pemondokannya (homestay) juga,” papar Dadang M. Naser.

Bupati meminta Pengcab ISI Kabupaten Bandung untuk mempelajari bagaimana standar internasional trek downhill agar nanti bisa diterapkan untuk mengundang wisatawan asing penggiat downhill untuk mencoba trek dengan suasana alam seperti di Kampung Sapedah Gentong ini.

“Jika memenuhi syarat, ke depan bisa ditingkatkan skalanya dari skala nasional menjadi berstandar internasional, bila perlu studi banding dengan trek downhill di daerah lain,” kata Dadang M. Naser.

Komunitas sepeda
Meskipun treknya masih sederhana, namun Bupati menilai trek ini sudah menunjukkan kreativitas dari komunitas sepeda. Semula lahan ini akan dipergunakan oleh komunitas motorcross dan mobil off road, namun masyarakat setempat menolaknya, lalu muncul ide dari komunitas sepeda untuk menggunakan lahan ini sebagai trek olahraga downhill.

“Selain komunitas sepeda, berikutnya nanti dari komunitas camping bisa menggunakan lahan ini jika camping groundnya sudah tertata, selain itu bisa juga untuk gerak jalan santai atau cross country, dari aktifitas-aktifitas ini otomatis akan meningkatkan perekonomian warga setempat,” jelas Dadang.

Setelah potensi terpadu pariwisata dan olahraga seperti Stadion si Jalak Harupat, Arena Golf Margahayu, Arena Golf Dago Kecamatan Cimenyan, Kawasan Wisata Terpadu Cimenyan, Arena Golf Cikancung dan Kawasan Wisata Terpadu Situ Cileunca Pangalengan kini ditambah Potensi terpadu Kampung Sapedah Gentong Kelurahan Jelekong Baleendah.

“Arah dan kebijakan umum Pemkab Bandung dalam bidang olahraga adalah terbangunnya sarana dan prasarana olahraga, meningkatkan pemasyarakatan olahraga dan pembangunan prestasi keolahragaan,” lanjut Bupati.

Sabilulungan Downhill Race 2017
Sabilulungan Downhill Race 2017 ini diikuti sekira 250 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia, baik dari kalangan pelajar, komunitas, profesional maupun umum yang diselenggarakan pada 20 - 21 Mei 2017. Panitia juga menyediakan sejumlah tenda untuk menggelar produk, baik makanan, pakaian maupun karya seni dari masyarakat setempat.

Dadang menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi dengan digagasnya even Sabilulungan Downhill ini, karena selain ajang silaturahmi antara pemerintah daerah dengan komponen pembangunan daerah, even ini diharapkan dapat dijadikan agenda rutin untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Kabupaten Bandung.

“Utamanya, even ini Saya harap dapat memberikan kesempatan kepada para pecinta sepeda terutama kaum remaja sehingga menghindarkan mereka dari arus pergaulan negatif,” pungkas Dadang. (Kominfo Pemkab Bandung)