Newsticker

Inovasi Media Pembelajaran dengan Amplop Karya Harti Purwanti





Harti Purwanti merupakan salah satu relawan yang bergerak di bidang pendidikan nonformal. Harti mengenalkan media amplop dalam pembelajaran. Ibu dua anak yang tinggal di Bandung ini memiliki harapan yang besar untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Harti mengenalkan media pembelajaran amplop ini dengan cara menyosialisasikannya ke warga belajar kesetaraan Paket A.

Amplop yang biasanya berisi surat, pada pembelajaran metode ini digunakan sebagai media menyampaikan informasi materi pembelajaran kepada warga belajar. Di dalam amplop terdapat materi pembelajaran, hal ini membatu tutor dalam menyampaikan materi dengan keterbatasan buku sumber yang dimiliki.

Peer teaching digunakan sebagai metode pembelajaran dalam penyampaian isi amplop yang telah diberikan sebelumnya dengan penjelasan teman. Pembelajaran yang disampaikan dengan bahasa sehari-hari diharapkan dapat memudahkan pemahaman warga belajar terhadap materi yang disampaikan. Dengan cara pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keterampilan yang berdampak positif pada kecakapan hidup yang dimilikinya.

Prosedur Karya Inovasi
Alasan dipilihnya amplop pintar dan peer teaching ini adalah agar warga belajar lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih memahami materi pembelajaran yang dilakukan. Amplop pintar berperan dalam proses pembelajaran. Amplop pintar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran, agar anak menjadi lebih tertarik dan menumbuhkan minat baca warga belajar.

Kegiatan peer teaching dalam proses tersebut dimaksudkan agar warga belajar lebih memahami materi yang disampaikan. Juga melalui penjelasan temannya, dengan rentang usia yang relatif sama, warga belajar lebih mengerti bahasa yang disampaikan temannya. Inovasi media amplop sebagai media pembelajaran ini mampu membawa Harti Purwanti mengikuti apresiasi GTK PAUD Dikmas tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di Bengkulu. (Rida)