Newsticker

Inilah yang Harus Diperhatikan Saat Akan Mengikuti Ujian SBMPTN





Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 berbasis komputer akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, pada Selasa (16/05/2017). Berikut ini, ada berapa informasi penting harus diperhatikan oleh seluruh peserta berdasarkan siaran pers yang dikirim panitia lokal SBMPTN Bandung.

1. Berdoa dan istirahat yang cukup
Mengikuti ujian SBMPTN 2017 adalah upaya yang dilakukan semaksimal mungkin oleh peserta. Untuk itu, berdoalah dengan keyakinan penuh agar Tuhan mengabulkan usaha yang kita lakukan. Faktor psikis pun kadang mempengaruhi saat ujian. Jangan tertekan sebelum maupun saat mengikuti ujian.

Untuk itu, bawalah rileks dan istirahat yang cukup agar kesehatan jiwa dan raga pun tidak ngedrop. Semangati diri dengan optimisme dengan doa serta mohon restu dari orang tua dan hati bawa gembira. Untuk hasilnya nanti, namanya usaha harus siap dengan hasil yang diharapkan maupun yang kurang diharapkan.

2. Akses ke lokasi ujian
Hal ini terkait rute kendaraan umum, jalur terdekat menuju lokasi, hingga mengetahui jalur-jalur alternatif menuju lokasi ujian. Lebih baik Anda diantar oleh anggota keluarga dengan menggunakan kendaraan roda. Khusus untuk peserta test di Jatinangor harap telah tiba di tempat ujian masing-masing dua jam sebelum waktu ujian karena diperkirakan akan terjadi kemacetan kendaraan di sekitar kampus Jatinangor,

Khusus peserta ujian Computer Based Testing (CBT) di kampus Unpad Jatinangor, panitia mengimbau peserta dapat datang lebih awal (lihat juga: Peta Lokasi Ujian Tulis Computer Based Test (CBT) SBMPTN 2017 di Universitas Padjadjaran). Ini disebabkan, di hari bersamaan akan digelar registrasi administratif bagi peserta SNMPTN 2017 di kampus Unpad Jatinangor dan kampus Institut Teknologi Bandung Jatinangor.

3. Periksa dan Simpan Kartu Tanda Peserta
Kartu peserta SBMPTN memuat identitas peserta, seperti nomor peserta, nama pada ijazah, nama pada lembar jawaban ujian, tahun ijazah, alamat, dan pas foto peserta. Pas foto peserta wajib tertera di kartu. Apabila foto tidak tertera, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Kartu peserta juga memuat beberapa informasi penting, diantaranya jadwal pelaksanaan ujian, perlengkapan yang harus dibawa saat ujian, serta lokasi ujian. Informasi ini akan memudahkan peserta pada saat mengikuti ujian. Oleh sebab itu, kartu peserta ini harap disimpan baik-baik oleh peserta, baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

Bagi peserta yang sudah mencetak kartu peserta namun pasfoto tidak muncul atau tidak sesuai ketentuan, dimohon untuk segera menghubungi panitia. Untuk Panlok Bandung, calon peserta bisa menghubungi langsung helpdesk SBMPTN 2017 Panlok Bandung di (022) 2511999.

4. Ketentuan Busana Ujian
Dalam SBMPTN 2017, peserta wajib mematuhi peraturan yang ditentukan. Pada aspek busana, ketentuan yang harus diperhatikan adalah setiap peserta diharuskan mengenakan pakaian rapi, berkerah, dan mengenakan sepatu tertutup. Pemakaian celana jeans diperbolehkan asalkan tidak robek. Khusus peserta perempuan, diperkenankan mengenakan rok yang sopan.

5. Ketentuan Surat Keterangan Lulus yang Dibawa Saat Ujian
Kelengkapan ijazah berlaku bagi peserta dengan tahun kelulusan 2015 dan 2016. Sementara bagi peserta lulusan 2017 dan belum memiliki ijazah, sekurang-kurangnya membawa surat keterangan lulus (SKL) dari kepala sekolah. surat dilengkapi pas foto berwarna terbaru dan dibubuhi cap sekolah sesuai yang tertera pada tata tertib peserta ujian SBMPTN.

Panitia juga mengimbau peserta agar menyiapkan kelengkapan yang harus dibawa saat ujian, sesuai yang tertera pada kartu peserta. Kelengkapan tersebut berupa
- kartu tanda peserta;
- fotokopi ijazah atau surat tanda kelulusan;
- kelengkapan alat tulis (pensil  dengan ukuran/ketebalan minimal 2B, karet penghapus, dan rautan pensil).