Newsticker

Penyelenggaraan UNPK Paket C 2017 di Bandung




Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Paket C 2017 di Bandung

Sabtu, 15 April 2017 merupakan hari pertama berlangsungnya Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK), yakni UN bagi pendidikan nonformal yang berlangsung pada tanggal 15-16 April dan 22-23 April 2017. Kota Bandung menjadi salah satu daerah yang melaksanakan (UNPK). adapun pada pelaksanaannya berlangsung di sekolah sehingga mengambil hari Sabtu dan Minggu serta mempertimbangkan banyaknya warga yang sudah bekerja.

Kota Bandung menerapkan UNPK berbasis kertas dan pensil (UNKP) dan berbasis komputer (UNBK) disesuaikan dengan kesiapan PKBM. Adapun jumlah PKBM yang tidak berbasis komputer berjumlah 9 lembaga. Salah satu pelaksana lokasi UNPK yaitu SMKN 8 Bandung.

Koordinasi dengan Disdik Bandung
Lembaga pendidikan nonformal yang melaksanakan UNPK berbasis kertas pulpen yaitu PKBM Bina Cipta Ujungberung dengan jumlah warga belajar 70 urang, PKBM Karya Remaja dengan jumlah warga belajar 196 orang, dan 1 lembaga yang melaksanakan UNBK yaitu PKBM Minda Utama. Warga belajar yang mengikuti UNPK berjumlah 3.572 orang dari 50 lembaga pendidikan nonformal.

Dalam teknis pelaksanaan ketiga PKBM ini juga berkoordinasi Disdik Kota Bandung yang difasilitasi oleh Ketua Forum PKBM Kota Bandung Awang Sukmawan.

Siap UNBK
Berkaitan dengan berlakunya sistem UNBK,  penetapan lembaga PNF yang menerapkan sistem ini  merupakan rekomendasi dari pusat. Sementara pelaksanaanya menjalin kerja sama dengan sekolah formal.

"Kota Bandung 60 % telah menggunakan sistem UNBK dan 40 % UNKP. Karena tahap ini kita telah ada pengalaman dan kerja sama dengan sekolah-sekolah, jadi bila pusat menginstruksikan UNBK untuk Oktober kami siap 100 %," tegas Elih Sudiapermana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung

Sementara Kasi DIKMAS Kota Bandung,  Cucu Halimah mengungkapkan UNPK Kota Bandung sejauh ini berjalan lancar adapun tingkat ketidakhadiran 11,7 % itu dilatarbelakangi oleh kondisi warga belajar yang sudah bekerja. Selain itu cucu Halimah berharap dengan diadakannya UNBK dan UNKP bisa menunjang karier peserta dan mendukung mereka melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. (Anita)